Connect with us

Regional

Sederet Inovasi Adi Hidayah yang Kini Dicopot dari Jabatan Kadis Dukcapil Parepare

Published

on

Mantan Kadis Dukcapil Parepare Adi Hidayah (Facebook Adi Hidayah)

Kadis Kependudukan dan Catatan Sipil Parepare Adi Hidayah Saputra dicopot dari jabatannya. Adi dicopot sesuai keputusan Kemendagri yang diajukan Pemkot Parepare melalui Gubernur, Senin (19/9/2022) lalu.

Pencopotan itu dibenarkan Kepala BKPSDMD Parepare Adriani Idrus. Ia mengungkapkan Adi Hidayah dicopot karena persoalan etika.

“Dia (Adi Hidayah) tidak menjaga integritas, harkat dan martabat. Tidak menunjukkan integritas dan keteladanan, sikap, ucapan dan perilaku baik di dalam maupun di luar kedinasan,” ungkapnya, Kamis (22/9/2022).

Menanggapi pencopotannya, Adi Hidayah menerima dengan lapang dada. Ia menyebut keputusan itu sebagai proses kehidupan.

“Saya sebagai seorang bawahan, karena posisi punya atasan punya pembina kepegawaian, saya sami’na wa Atha’na. Dengar dan laksanakan. Apapun putusan. Kemudian selalu ada hikmah, pasti ada yang disiapkan Allah SWT,” tuturnya.

alterntif text

Namun ternyata di sisi lain kinerja Adi justru bertabur inovasi. Sejumlah inovasinya bahkan diberi penghargaan. 11 inovasi Adi Hidayah saat memimpin Disdukcapil Parepare masuk Innovative Government Award (IGA) 2022 yang digelar Kementerian Dalam Negeri.

Di antaranya; SASKIA, LAHIR 913, PELITA, LAPOR HATI, KAMASUTRA, MAPPADECENG, PPKM RT RW, SIMPATI, CURHAT ADMINDUK, ON THE SPOT dan ANTAR DOMPET. Dari sebelas inovasi ini, empat di antaranya pernah masuk sepuluh besar Lomba Inovasi Tingkat Kota Parepare di Tahun 2021.

Bukan hanya itu, di bawah kepemimpinan Adi Hidayah, Disdukcapil Parepare terus menunjukkan pelayanan prima ke masyarakat. Salah satunya, membuka pelayanan di hari Sabtu.

Selama Covid-19, pelayanan tidak berhenti. Adi Hidayah dkk tetap membuka pelayanan melalui online. Disdukcapil juga telah menerapkan identitas digital. (rdi)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:

Terpopuler