Connect with us

Politik

Pilgub Sulsel; Gerindra Andalkan Andi Iwan Aras, Nasdem Banyak Opsi, Golkar Sibuk Konflik

Published

on

Ilustrasi pemilihan (gambar: Pikiran Rakyat)

 

Partai politik di Sulsel mulai menyiapkan kandidat yang akan diusung pada Pilgub Sulsel 2024. Gerindra, Nasdem dan Golkar diprediksi mengandalkan kader sendiri.

Partai Gerindra disebut bakal mengusung ketuanya Andi Iwan Darmawan Aras untuk bertarung.

“Andi Iwan Aras termasuk yang siap dari banyak aspek,” kata Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir kepada Tegas.id, Selasa 16 Agustus 2024.

Suwadi menyebut legislator Senayan ini siap cost, punya basis solid, dan secara geo politik memiliki nilai jual yang tinggi.

Belum lagi, kata Suwadi, jika Prabowo terpilih pada Pilpres di Februari 2024. Secara tidak langsung akan memudahkan langkahnya di Pilgub.

Nasdem bahkan punya setidaknya 3 opsi kandidat. Rusdi Masse, Danny Pomanto, dan Adnan Purchita Ichsan masing-masing punya keunggulan.

“Tiga kader Nasdem ini berimbang kekuatannya. Berpengalaman sebagai kepala daerah, dan masing-masing punya basis. Tinggal DPP yang harus cermat memilih,” ujar Suwadi.

alterntif text

Namun demikian, beberapa waktu lalu RMS menyampaikan sikapnya tidak mempersiapkan diri maju di Pilgub Sulsel. Meski begitu, publik tidak percaya, bahkan bisa saja mengecewakan loyalis RMS.

“Masa iya aksi-aksi politik RMS yang cukup massif seperti penyebaran alat peraga dan aneka event politik RMS, lalu ia katakan tidak punya kesiapan untuk Pilgub 2024 mendatang. Tentu kontras di mata publik,” kata Direktur Eksekutif Paramater Publik Indonesia, Ras MD dilansir Fajar.co.id.

Sementara Partai Golkar memang bekerja. Namun disaat bersamaan, disibukkan dengan konflik internal.

“Untungnya Ilham Arief Sirajuddin dan Taufan Pawe punya basis pemilih. IAS juga sudah berpengalaman jadi kandidat Gubernur, sementara TP sedang melejit di kalangan pecinta PSM. Bahkan keduanya juga cocok dipaketkan,” urai Suwadi.

Partai lain seperti PPP juga punya Amir Uskara. Sementara figur eksternal dan non partai siap dipinang seperti Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki dan petahana Andi Sudirman Sulaiman. (ris)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:

Terpopuler