Connect with us

Kolom

KOLOM; Pikirkanlah Sebelum Bicara

Published

on

Ilustrasi (sumber gambar: CNN Indonesia)

Seri Hikmah Syuruq

Oleh: Pahri Lubis.

” إذا أراد أحدكم الكلام فعليه أن يفكر فى كلامه # فإن ظهرت المصلحة تكلم، وإن شك لم يتكلم حتى تظهر “.

” Jika salah seorang di antara kalian ingin berbicara, hendaknya dia memikirkan terlebih dahulu sebelum memulai pembicaraan nya. Jika itu mendatangkan maslahat sampaikanlah, dan jika masih ragu-ragu, pending dulu jangan sampaikan, sampai jelas argumen kemaslahatannya.” ( Imam Syafi’i ).

Barakallahu fikum jami’an, semoga kita selalu hati hati dalam menyampaikan kalam, jangan sampaikan kalau tidak mengandung manfaat, pikirkan akibat nya sebelum berbicara.

Seorang muslim harus mempertimbangkan secara matang dasar persoalan yang benar, apabila ucapannya melahirkan kebenaran maka sampaikanlah, namun jika menimbulkan keburukan lebih baik diam seribu bahasa, tidak usah berkomentar. Berbicaralah dengan menggunakan akal sehat dalam menyampaikan kalam.

Sebelum berbicara sebaiknya kita perlu memikirkan bukan saja apa yang akan kita bicarakan, tapi kepada siapa objek sapaan yang akan di ajak berbicara. Karena kita harus melihat kondisional kadar kemampuan intelektualnya, bagaimana kita berinteraksi dengan anak kecil, remaja ABG, dewasa, yang sudah berkeluarga, yang berpendidikan, yang sarjana, karyawan, masyarakat umum dan lain sebagainya berbeda menyikapinya.

Kita perlu memperhatikan kata bijak seorang filosof kenamaan bernama Socrates: ” cobalah dulu baru cerita, pahamilah dulu baru menjawab, pikirlah dulu baru berkata, dengarlah dulu baru penilaian, bekerjalah dulu baru berharap”.

Rasulullah SAW menyampaikan: ” janganlah Engkau mengatakan sebuah ucapan yang besok akan mencari alasan untuk membenarkannya”. ( H.R. Ibn Majah: 4171).

Berdasarkan hadis ini kita di perintahkan menyampaikan hal yang benar, menghindari ujaran kebencian, menghindari kesalahan kesalahan apatah lagi mencari alasan alasan untuk membenarkan sesuatu yang tidak pantas ujaran itu benar.

Semoga semua apa yang kita sampaikan bermanfaat bagi yang lain, membawa kemaslahatan, baik bagi diri sendiri ataupun orang lain yang akan mengambil i’tibar dari pada apa yang kita paparkan. Sebaik perkataan adalah memberi inspirasi bagi yang menyimak, saling memahami dua arah, agar terhindar dari mis komunikasi di antara kita. والله أعلم بالصواب

Ahad, 7 Agustus 2022.

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler