Connect with us

Pendidikan

Menuju Akreditasi Unggul, 98 Dosen UNISMUH Ikuti Pelatihan Auditor AMI

Published

on

Pelatihan Auditor AMI UNISMUH
alterntif text
alterntif text

MAKASSAR — Menuju akreditasi unggul Unismuh Makassar mengelar pelatihan Audit Mutu Internal ( AMI ) bagi pejabat struktural tingkat fakultas, prodi dan tim monev prodi se Unismuh Makassar, Selasa 21 Juni 2022.

Pelatihan Auditor AMI yang diikuti sebanyak 98 peserta dihelat di Aula Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan ( FKIK ) Unismuh Makassar selama dua hari, yakni Selasa – Rabu (21- 22 ) Juni 2022.

Kegiatan ini dibuka, Pelaksana Harian Rektor Dr Ir H And Rakhim Nanda, MT, IPM yang juga adalah Wakil Rektor I Unismuh Makassar.

Hadir Wakil Ketua BPH, Prof Gagaring Pagalung, Wakil Rektor IV, Drs KH Mawardi Pewangi, M.Pd.I, pimpinan lembaga dan biro, sejumlah dekan, wakil dekan dan ketua-ketua prodi lingkup Unismuh.

Selama kegiatan berlangsung, panitia menghadirkan pemateri selain pemateri internal Unismuh juga dari Mejelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, yakni Dr H Budhi Akbar, M.Si dan Prof Dr Edy Suardi Hamid, M, EC.

Pelaksana Harian Rektor Dr H Abd Rakhim Nanda dalam sambutannya, mengatakan, perguruan tinggi maju sangat ditentukan kerja tim auditor, olehnya itu tim auditor dianggap sebuah pekerjaan mulia.

Disebutkan ada tahapan pencapaian yang ingin dicapai Unismuh Unismuh, yakni periode 2020 – 2024 Unismuh Perguruan Tinggi Bereputasi Nasional ( Akreditasi Unggul ). Periode 2024 – 2028 Unismuh persiapan menuju bereputasi terakreditasi internasional.

Tahap selanjutnya pada periode 2028 – 2032 menjadi perguruan tinggi terakreditasi internasional. Selamjutnya periode 2032 – 2036 enjadi Research University serta periode selanjutnya 2036 – 2040 Unismuh menjadi Edupreneur University.

“Terget yang ingin dicapai ditetapkan berdasarkan realitas saat ini dan juga cita – cita Unismuh agar tetap eksis ini sudah menjadi road med Unismuh,” ujar Plh. Rektor

Sementara itu Ketua BPH Unismuh, Prof Gagaring Pagalung, mengatakan ada dua kata kunci pembelajaran audit jika Unismuh mau umggul, yakni pertama Quality Insurance dan kedua, sebagai Consultan tempat untuk berdiskusi, yang berkontribusi pada mutu.

“Saya berharap tiap fakultas ada konsultan mutu, tapi saat ini belum baru tingkat quality insurance,” tutup Gagaring.

* Diawali dengan Pengajian

Sebelum acara ini dibuka diawali dengan pengajian yang diisi oleh Wakil Rektor IV, Drs KH Mawardi Pewangi, M.Pd.I.

Mawardi Pewangi dalam pengajiannya menyinggung soal kecenderungan manusia dalam menjalani kehidupannya yang cenderung lebih mencintai kehidupan dunia dari pada kehidupan akhirat kecuali bagi orang yang berakal.

Mawardi menyinggung soal berqurban, disebutkan di Unismuh ada sekitar 788 orang dosen, namun sedikit yang bisa berqurban. Andaikan kata Wakil Rektor IV, semua dosen bisa berqurban maka sedikitnya ada 100 ekor lebih sapi yang bisa di potong di Unismuh.

“Kalau ini bisa dilakukan hasilnya luar biasa, namun sayangnya hanya sedikit yang bisa berqurban padahal mereka sudah mampu dan khusus guru besar tidak perlu kongsi- kongsi lagi,” ujar Mawardi.

Prinsip orang beriman,kata Mawardi, lebih baik kehilangan dunia karena Allah SWT dari pada kehilangan Allah karena kehidupan dunia.

Sementara itu Penanggungjawab kegiatan AMI Unismuh, Ketua Badan Penjaminan Mutu ( BPM ) Unismuh, Dr Burhanuddin, M.Si melaporkan, peserta yang ikut dalam kegiatan Auditor Mutu AMI Unismuh adalah pejabat struktural pimpinan fakultas, prodi dan tim monev tingkat prodi se- Unismuh yang berjumlah kurang lebih 98 orang.

Pelatihan auditor AMI dilaksanakan untuk menjamin kepastian pelaksanaan mutu Unismuh sekaligus merespon terlaksananya proses akreditasi di tingkat prodi dan tingkat universitas.

Dikatakan saat ini akreditasi pada tingkat prodi salah satu diantaranya adalah terlaksananya sistem dan efektivitas pelaksanaan penjaminan mutu. (Rls)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler