Connect with us

Pendidikan

Tips untuk Guru yang Ingin Mulai Menulis Produktif

Published

on

Ilustrasi menulis (gambar: Suara.com)
alterntif text
alterntif text
JAKARTA — Menulis merupakan hal tidak semua orang bisa lakukan. Kalaupun bisa, belum tentu mau. Sebab menulis seringkali bertautan dengan mood. Dan jikalau pun mau menulis, kadang tidak tahu harus dimulai dari mana. Edil Wijaya Nur memberikan beberapa tips bagi guru pemula yang ingin mulai menulis dan produktif berkarya.
1. Mulailah dari yang sederhana. Misalnya, menulis opini. Kita tidak harus menulis sesuatu yang berat dulu, kita bisa memulainya dari opini kita sendiri. Jika semua berasal dari dalam diri kita sendiri, biasanya lebih mudah untuk dimanifestasikan dalam bentuk tulisan.
2. Perhatikan Isu Kontemporer atau Tema yang ada. Jika anda seorang guru dan ingin menulis opini misalnya, maka anda harus jeli dalam memperhatikan isu yang sedang hangat dibahas. Misalnya Anda ingin menulis opini, tapi saat itu sedang dalam suasana 17 Agustus maka temukan peluang untuk menulis sesuatu yang bisa mengaitkan antara pendidikan dan semangat proklamasi.
3.  Lampaui Kriteria. Jika sebuah media atau lomba menetapkan sebuah kriteria untuk tulisan, maka tugas Anda adalah penuhi semua kriteria tersebut. Tapi jika Anda ingin menjadi yang terbaik, maka lampaui Kriteria tersebut.
4. Minta rekan berpengalaman untuk mereview. Jika seseorang telah menulis, biasanya kita sudah puas dan merasa sempurna dengan apa yang telah kita tulis. Tapi ingat, prinsip bahwa ‘orang lain tahu kelemahan kita’ selalu berlaku dimana saja. Maka, biasakan untuk meminta kepada minimal dua orang rekan yang telah berpengalaman untuk melihat kembali tulisan kita. Biarkan kritik masuk, biarkan mereka menertawakan atau bahkan mencecar tulisan kita.
5. Perbanyak membaca. Hampir selalu ada penelitian mengenai manfaat membaca. Dan salah satunya adalah untuk menambah wawasan dan perbendaharaan kata kita untuk digunakan menulis karya kita sendiri. Banyak membaca pun akan ‘menyetir’ gaya berbahasa kita dalam menulis. Sehingga tulisan kita akan nikmat untuk dibaca.
Semoga kita bisa mengembangkan diri dalam menulis sehingga menjadi guru yang produktif dan memajukan literasi bangsa Indonesia.
* Edil Wijaya Nur merupakan peraih Juara 1 Lomba Menulis Guru BK se-Indonesia di Universitas Mercu Buana Yogyakarta Tahun 2022
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler