Connect with us

Regional

Bung Ari: Perbedaan Tunjangan TPP Bisa Pengaruhi Kinerja ASN dan Pelayanan Publik

Published

on

Asy'ari Abdullah
alterntif text

PAREPARE — Kisruh tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Pemkot Parepare masih bergulir. Selain tertundanya pencairan, masalah lain yang disoroti adalah perbedaan besaran tunjangan.

Ada perbedaan yang jomplang alias mencolok, antar ASN yang menerima TPP. Ada jabatan Kabid yang menerima TPP lebih banyak dibandingkan kadis.

Tokoh Pemuda yang juga mantan ASN Asy’ari Abdullah menilai, keputusan Walikota Taufan Pawe menunda pencairan TPP sudah tepat. Asalkan penundaan itu digunakan untuk merasionalisasi kembali besaran tunjangan.

“Pak Wali mesti memerintahkan tim teknis untuk merasionalisasi nilai TPP. Jangan sampai ada rasa ketidakadilan antar ASN,” ungkapnya, saat dihubungi, Kamis 12 Mei 2022.

Bung Ari menyebut, jika perbedaan ini tidak dituntaskan terlebih dahulu, akan berdampak pada kinerja ASN. Yang mendapat TPP lebih sedikit, dikhawatirkan bermalas-malasan. Alih-alih meningkatkan kinerja sebagaimana tujuan awal pemberian TPP. Muaranya pada menurunnya kualitas pelayanan publik.

Selain itu, Owner Mario Grup ini juga menyarankan Pemkot Parepare menepis isu yang beredar, bahwa TPP tidak akan dibayarkan. Pasalnya, anggota dewan melihat gelagat pemerintah ingin mengalihkan pembayaran TPP untuk menutupi defisit anggaran dan utang pada kontraktor.

“Semoga ini cuma hoaks. Tapi jika benar (TPP tidak dibayarkan) walikota telah menzalimi ASN beserta keluarganya,” tegas Bung Ari.

Ada sekitar 1600 ASN Pemkot Parepare yang sedianya menerima TPP. Hingga medio Mei ini, TPP belum juga dicairkan.

Kisruh ini membuat 7 Anggota DPRD Parepare mengajukan hak interpelasi untuk meminta penjelasan dari Walikota secara langsung.

Sejumlah akademisi juga membenarkan dilakukannya interpelasi pada Walikota. Sebagian lain menilai TPP bukan kebijakan strategis berdampak luas yang bisa dijadikan alasan interpelasi. (*)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:

Terpopuler