Connect with us
alterntif text

Pendidikan

Dosen PGSD Kampus V Parepare UNM Latih Guru SDN 65 Model Pembelajaran SFAE

Published

on

alterntif text

PAREPARE — Tim Dosen dari PGSD Kampus V Parepare UNM melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di UPTD SD Negeri 65 Kota Parepare. PKM tersebut dilangsungkan selama tiga hari, dari tanggal 19 November 2021 sampai 21 November 2021

Kegiatan tersebut berjudul PKM Pelatihan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) Bagi Guru-Guru SD Negeri 65 Parepare, yang diikuti oleh 12 peserta dari guru-guru SDN 65 Kota Parepare.

Kegiatan pelatihan itu dibawakan oleh 3 orang dosen sebagai instruktur, yaitu Dr. Lukman Ali, SS., M.Ag., Dr. Andi Fajar Asti, M.Pd.,M.Sc. dan Shasliani, S.Pd., M.Pd. dibantu oleh mahasiswa Novitasari dan Ave Marianti Momang.

Ketua pelaksana PKM, Dr. Lukman Ali, SS., M.Ag., menguraikan pentingnya penguasaan kompetensi abad 21 oleh peserta didik. Diantaranya adalah komunikasi dan kolaborasi. Itulah sebabnya, guru-guru mesti menguasai model-model pembelajaran inovatif abad 21 yang memungkinkan peserta didik untuk terampil berkomunikasi dan berkolaborasi.

“Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi peserta didik adalah model Student Facilitator and Explaining (SFAE) di mana
peserta didik belajar mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta didik lainnya. Model pembelajaran ini efektif untuk melatih siswa berbicara untuk menyampaikan ide/gagasan atau pendapatnya sendiri,” ujarnya.

Kepala Sekolah UPTD SD Negeri 65 Parepare, Ibu Herlina, S.Pd., menyambut baik kedatangan tim PKM dari Kampus V UNM. “Kami sangat bersyukur atas kedatangan tim PKM dari UNM karena dapat menambah wawasan dan pengalaman guru-guru kami dalam menerapkan model-model pembelajaran inovatif abad 21,” tuturnya.

Para guru yang mengikuti pelatihan ini juga begitu gembira dan antusias. Hal itu dibuktikan hasil pelatihan, para guru memiliki pemikiran yang terbuka terhadap model pembelajaran inovatif abad 21.

Selain itu, berdasarkan hasil timbal balik dari peserta, pelaksanaan pelatihan berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan penilaian instruktur yang mencapai 71% sangat baik, fasilitas pendukung 54% baik, dan kejelasan materi 67% sangat baik.(*)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:

Terpopuler