Connect with us
alterntif text

Pendidikan

1000 Guru Se-Enrekang Dilatih Jadi Pendidik Berkarakter dan Cakap Bermedia Digital

Published

on

alterntif text

ENREKANG — Sekira 1000 lebih pendidik dan tenaga kependidikan di Kabupaten Enrekang mengikuti Webinar Pendidikan, yang dilaksanakan oleh Sahabat Guru, Rabu 20 Oktober 2021.

Webinar Pendidikan ini mengangkat tema Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global.

Webinar diisi oleh Keynote Speaker Menteri Kominfo Johnny G. Plate. Wakil Bupati Enrekang Asman SE memberikan sambutan, didampingi secara daring oleh Kadis Pendidikan Jumurdin.

Sejumlah tokoh pendidikan menjadi pembicara, diantaranya pakar asesmen pendidikan dari Universitas Negeri Yogyakarta Dr. Das Salirawati, M.Si., pengembang inovasi pendidikan Ir. Drs. Djohan Yoga, M. Sc, MoT, PhD, dan staf ahli APKASI bidang pendidikan dan kebudayaan Dr Himnatul Hasanah, MP.

Mereka memaparkan pelbagai inovasi pendidikan era digital, serta mengasah teknik dan strategi mendidik yang adaptif terhadap dunia digital.

Dalam pemaparannya, Menteri Kominfo mengajak para guru agar meningkatkan literasi digital. Pihaknya terus memfasilitasi pelbagai program termasuk di bidang pendidikan agar masyarakat semakin cakap digital.

“Literasi digital tidak hanya soal penguasaan teknologi, tetapi juga bermedia digital dengan penuh tanggung jawab. Guru adalah elemen vital menuju masyarakat yang memiliki kecakapan digital yang mumpuni,” urai Menteri Kominfo.

Guru dituntut memiliki kemampuan literasi digital, agar dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing di era disrupsi. Lulusan yang mampu menyelesaikan masalah, berpikir kritis, analitis dan berkarakter.

Pantauan media, acara itu disimak dengan antusias oleh para peserta. Setidaknya ada 600 lebih peserta yang menyimak lewat Zoom, 400 lebih menonton lewat YouTube.

Acara ini didukung oleh Kementerian Kominfo RI, Pemerintah Kabupaten Enrekang, APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia), YPAN (Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara) dan Sahabat Guru. (ris)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler