Connect with us
alterntif text

Regional

Gempa Berkekuatan 5,3 SR Guncang Sulbar, Pusatnya di Mamasa

Published

on

Gempa bumi berkekuatan 5,3 SR guncang Mamasa, Sulbar, Rabu dini hari (22/7/2021).
alterntif text

SULBAR — Gempa bumi berkekuatan 5,3 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, Kamis dini hari, (22/7/2021).

Berdasarkan keterangan tertulis dari Pusat Gempa Regional (PGR) Wilayah IV Makassar, gempa bumi dengan kedalaman 5 kilometer (km) ini terjadi pada pukul 01.44 WITA.

Gempa ini berlokasi di 2.95 Lintang Selatan (LS) dan 119.37 Bujur Timur (BT) serta berada pada jarak 6 km arah timur laut Mamasa. Getaran gempa dirasakan di hampir seluruh wilayah Sulawesi Barat.

Sejak Rabu pagi, wilayah Mamasa diguncang belasan gempa bumi beruntun. Hingga pukul 16.00 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan 21 kejadian gempa susulan teranalisis dengan kekuatan magnitudo 1,7 sampai 4,0.

Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Darmawan memaparkan melalui rilisnya, lokasi dan kedalaman hiposenter menunjukkan gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi dangkal. Gempa dipicu aktivitas sesar Saddang yang berdekatan dengan pusat episenter.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa. (*)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:

Terpopuler