Connect with us
alterntif text

Regional

Jelang Iduladha, Pemkot Parepare Pastikan Kesehatan Hewan Siap Kurban

Published

on

alterntif text

*755 Hewan Siap Kurban Dipastikan Sehat

PAREPARE — Pemkot Parepare memastikan kesehatan hewan kurban jelang Iduladha. Itu dilakukan Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (PKP) dengan mengunjungi sejumlah peternakan.

Hingga saat ini, Dinas PKP sudah memeriksa 755 ekor hewan kurban. Pemeriksaan itu melibatkan dokter hewan.

“Kita turunkan dua tim untuk memastikan kesehatan hewan kurban. Ada dokter hewan yang mendampingi tim kami,” ujar Kadis PKP Wildana, Kamis (15/7/2021).

Wildana mengungkapkan hewan yang dipastikan sehat langsung diterbitkan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Juga dilengkapi dengan foto dokumentasi hewan.

“Peternak tak perlu lagi ke kantor vkami untuk urus SKKH, jika sudah diperiksa dan dinyatakan sehat, langsung kami terbitkan. SKKH ini sebagai bukti hewan sudah layak dikurbankan,” ujar dia.

Pemeriksaan hewan itu dijelaskan lebih rinci Kasi Kesehatan Hewan DPKP, drh Nurdin. Ia memaparkan syarat hewan kurban. Yakni sehat, tidak cacat, dan cukup umur.

“Kalau sapi minimal berumur dua tahun. Kambing minimal umur satu tahun. Hewan kurban juga tidak boleh cacat. Seperti pincang, luka, atau cacat matanya,” paparnya.

Sebagai informasi, sapi kurban saat ini dijual dengan harga bervariasi. Mulai 15-20 juta rupiah. Beratnya berkisar 80-150 kilogram. (rdi)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler