Connect with us
alterntif text

Regional

Kadisdalduk-KB Enrekang Implementasikan Proyek Perubahan Basis Kencana di Desa Tapong

Published

on

alterntif text

ENREKANG — Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (Disdalduk) KB Kabupaten Enrekang, Darmiati Siampa melakukan pembinaan dan pendampingan di Kampung KB.

Pembinaan dilakukan dalam rangka implementasi Proyek Perubahan Basis Kencana (Membangun Generasi Emas di Kampung Keluarga Berencana) di Desa Tapong, Kecamatan Maiwa, Senin, (21/6).

Darmiati mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan asupan gizi B2SA (Beragam, Berimbang, Sehat dan Aman), pengasuhan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), dan meningkatkan kesertaan ber-KB untuk melahirkan generasi emas dari kampung KB.

Sementara itu, Kades Tapong, Saharuna Djabaruddin merespons positif dan mendukung program ini. Karena tujuannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan gizi masyarakat.

Ia mengaku siap membantu kolam ikan dan juga perbaikan sanitasi dan jamban bagi warga.

“Di bidang pemberdayaan masyarakat, dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat. Kita membuat kolam ikan sebanyak 45 tempat, kegiatannya sedang berlangsung,” urainya.

Dia menyebutkan, Desa Tapong saat ini membangun jamban bagi keluarga kurang mampu, rumah dataku, gedung serbaguna dan rumah saoraja.

“Masyarakat desa turut berpartisipasi dalam pembangunan ini,” tandasnya.

Hadir pada kesempatan itu Andi Anhar, selaku Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Ketua TP PKK Kabupaten Enrekang, Hj Johra Muslimin.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Desa Malalin, Kecamatan Cendana.

Sementara itu juga digelar pembinaan dan pendampingan secara terpadu oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Dinas Ketahanan Pangan Dan PKK Kabupaten Enrekang.

Pada kesempatan ini materi utama yang disampaikan adalah pemantapan kelompok kerja di kampung KB yang terdiri dari 8 seksi agar betul bisa menjadi wadah untuk mendapatkan informasi bagi masyarakat tentang penerapan 8 fungsi keluarga.

Dalam kesempatan yang sama, Andi Anhar dari Dinas Ketahanan Pangan menyampaikan perlunya memanfaatkan lahan pekarangan untuk memenuhi asupan gizi yang beragam, bergizi, seimbang dan aman meningkatkan kesehatan dan mencegah terjadinya stunting.

Selanjutnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Enrekang Hj Johra MB menyampaikan materi tentang pola pengasuhan yang dianjurkan pada 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan) untuk mendapatkan generasi yang sehat, cerdas, ceria. (*)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler