Connect with us
alterntif text

Regional

Sosialisasi Perda HIV dan AIDS, Kamaluddin Kadir: Jauhi Penyakitnya Bukan Orangnya!

Published

on

PAREPARE — Ketua Komisi II DPRD Parepare Kamaluddin Kadir mensosialisasikan perda Pencegahan dan penanggulangan HIV dan Aids. Sosialisasi Perda nomor 8 tahun 2017 itu digelar di Hotel Grand Kartika Parepare, Minggu (13/6/2021).

Kamaluddin menjelaskan tujuan dari perda tersebut. Yakni, kata dia, mencegah dan mengurangi penularan dan dampaknya serta meningkatkan kualitas hidup ODHA.

“Perda ini juga diterbitkan untuk melindungi masyarakat terhadap segala kemungkinan kejadian yang dapat menimbulkan penularan HIV dan AIDS,” jelasnya.

Legislator Gerindra itu mengajak masyarakat untuk tidak mendiskriminasi pengidap HIV dan AIDS. Sebab, kata dia, penularan penyakit tersebut hanya melalui pelbagai cara.

“Jauhi penyakitnya bukan orangnya. Karena HIV menular melalui darah, berhubungan seks, dan air susu ibu. Selain itu tidak ada potensi penularan,” ungkapnya.

Perda itu dijelaskan lebih rinci oleh salah satu tenaga medis RSUD Andi Makkasau dr Nurhamidar Aslan. Ia menjelaskan cara penularan HIV dan AIDS.

HIV dan AIDS ini bisa menular dari cairan kelamin. Penyakit ini juga bisa menular lewat cairan darah. Misal melakukan transfusi darah dan pemakaian jarum suntik,” kata dia.

“Cara penularan lainnya melalui ibu yang HIV+ kepada anaknya. Penularannya bisa terjadi saat proses kehamilan, persalinan, dan menyusui,” lanjutnya.

Dokter Osse -sapaannya juga mengungkapkan pentingnya ibu hamil untuk datang ke puskesmas memeriksakan kondisi kehamilannya secara berkala atau yang biasa disebut dengan ‘antenatal care’. Juga mendapatkan buku kunjungan KIA.

“Paling penting bahwa petugas kesehatan yang terkait dapat melakukan pemeriksaan darah ibu hamil tersebut untuk skreening 3 penyakit yaitu termasuk HIV, juga hepatitis dan sifilis, yang dinamakan program triple eliminasi,”pungkasnya. (rdi)

 

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:

Terpopuler