Connect with us
alterntif text

Regional

KPU Kunjungi Bapemperda DPRD Parepare, Bahas Wacana Pemekaran Dapil

Published

on

alterntif text

PAREPARE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare berkunjung ke Bapemperda DPRD. Pertemuan itu membahas penataan daerah pemilihan (Dapil).

Dapil di Parepare untuk Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang diwacanakan akan bertambah. Sebelumnya ada tiga dapil, akan bertambah menjadi empat. Yakni dapil Bacukiki dan Bacukiki Barat dimekarkan.

Ketua KPU Parepare Hasruddin Husain menjelaskan pemekaran dapil baru sekadar isu. Kata dia, pihaknya belum menerima secara resmi program penataan dapil.

“Anggota dewan di Bapemperda sempat mempertanyakan wacana pembagian dapil. Saya jawab, tahapannya belum masuk,” ujar Hasruddin.

Kendati demikian, Hasruddin menegaskan pihaknya akan selalu siap untuk diajak berdiskusi membahas soal penataan dapil itu.

“Jika itu dianggap menjadi isu strategis yang harus dibangun dari awal, kami di KPU selalu siap membahas mengenai proses penataan dapil di beberapa tempat di Parepare,” jelas dia.

Sementara itu, Ketua Bapemperda DPRD Parepare Yasser Latief menjelaskan wacana pemetaan dapil itu tak hanya di Dapil Parepare. Dapil Enam Sulsel, kata dia, perlu ditata ulang.

Menurutnya Parepare bergabung di kawasan Ajatappareng. Bersama Pinrang, Sidrap, Barru dan Enrekang.

“Pertimbangannya berdasarkan sejumlah prinsip. Salah satunya, asas kulturnya, geografis juga historisnya dan masih banyak lagi,” jelas YL -sapaannya-.

Dapil di Parepare, kata YL, perlu penyesuaian dalam menentukan jumlah kursi. Ketua Fraksi Nasdem itu meminta penyelenggara mengkaji secara matang dan komprehensif. Terlebih, pertimbangan jumlah kursi dan penduduknya.

Pada pertemuan itu, Bapemperda DPRD Parepare yang hadir, Wakil Ketua Bapemperda Yusuf Lapanna, sebagai anggota Satriya dan Asmawati.

Turut hadir, Anggota KPU Parepare Divisi sosialisasi, SDM dan Parmas, Firman Mustafa, Divisi Hukum Hamza, Divisi Teknis dan Safriani Sudirman. (rdi)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler