Connect with us
alterntif text

Regional

Ini 4 Model Digitalisasi Desa yang Segera Diterapkan di Sidrap

Published

on

SIDRAP — Untuk mendukung perkembangan teknologi informasi dan digitalisasi desa, salah satu program yang dilakukan adalah Sistem Informasi Desa (SID).

“Sistem Informasi Desa adalah aplikasi yang membantu pemerintah desa mendokumentasikan data milik desa,” ujar Camat Watang Pulu, Andi Surya Praja Hadiningrat saat membuka Pelatihan SID Menjadi Desa Digital di Aula Kantor Desa Lainungan, Kamis (11/3/2021).

“SID memudahkan proses pencarian dan pengelolaan sumber daya yang ada di desa,” imbuh Andi Surya.

Lebih jauh, Andi Surya memaparkan, digitalisasi desa merupakan program skala prioritas Kemendes PDTT tahun 2021.

alterntif text

Ada 4 model desain digital desa yang dimulai tahun ini yakni digitalisasi untuk penyusunan data base berbasis big data, digitalisasi pengembangan desa unggulan, digitalisasi pelayanan cepat dan digitalisasi peningkatan transparansi keuangan.

“Kita harus beradaptasi dengan era digital, harus meningkatkan keterampilan digitalisasi, Saya berharap dunia usaha di desa bisa maju dan berkembang, kalau ekonomi desa maju dan kuat maka secara otomatis kesejahteraan masyarakat desa akan semakin meningkat,” urai Andi Surya.

Sementara Kepala Desa Lainungan, Andi Haruna berharap peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan saksama.

“Ini penting, digitalisasi desa merupakan program prioritas yang harus dilaksanakan di desa,” pesannya.

Dalam kegiatan yang dimoderatori Suarsi tersebut, hadir sebagai pemateri dari Inspektorat Kabupaten Sidrap dan Dinas Pemdes PPA Sidrap.(adv)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler