Connect with us
alterntif text

Regional

Peduli Kaum Difabel, Lanal Mamuju Salurkan Puluhan Kruk

Published

on

Komandan Lanal Mamuju, Letkol Marinir La Ode Jimmy HR menyerahkan alat bantu jalan bagi kaum difabel di Lanal Mamuju, Rabu (17/2/2021)
alterntif text

MAMUJU — Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mamuju menyalurkan 63 alat bantu jalan berupa tongkat atau kruk pada korban gempa di Sulawesi Barat, Rabu (17/2/2021).

Kruk donasi dari Pasukan Marinir II Surabaya itu akan disalurkan dengan menggandeng organisasi Gerakan Mandiri (Gema) difabel Mamuju.

“Langsung kita salurkan kepada masyarakat terdampak, termasuk disalurkan ke Gema Difabel Mamuju agar bantuan tepat sasaran,” ujar Komandan Lanal Mamuju, Letkol Marinir La Ode Jimmy HR.

Kata Letkol Marinir La Ode, Lanal Mamuju sebelumnya telah membantu korban gempa yang mengalami patah tulang. Kali ini sengaja menggandeng Gema Difabel Mamuju untuk menjamin bantuan tepat sasaran.

“Kita langsung koordinasi sama teman-teman Gema Difabel di Mamuju yang sudah memiliki data untuk mendistribusikan langsung yang betul-betul membutuhkan,” jelasnya.

Kata La Ode, saat ini bukan hanya makanan yang dibutuhkan penyintas gempa. Tapi alat bantu seperti kruk sangat diperlukan, khususnya korban yang mengalami patah tulang.

Selanjutnya, Lanal Mamuju akan terus berkoordinasi dengan Pasukan Marinir di Surabaya untuk bantuan bagi masyarakat. Khususnya bagi penyandang disabilitas yang sangat membutuhkan.

“Bantuan apa saja yang masih kurang, akan kita koordinasikan ke Surabaya. Jika tiba bantuannya, akan langsung kita salurkan kembali,” ungkapnya.

Ketua Gema Difabel Mamuju, Syafaruddin Syam sangat bersyukur atas bantuan kruk dari Lanal Mamuju. Ia membeberkan, berdasarkan hasil asesmen ditemukan 213 penyintas gempa yang menyandang disabilitas.

“Didalamnya sudah ada difabel baru yang kebutuhannya beragam. Bukan hanya sembako tapi juga membutuhkan alat bantu,” katanya.

Syafruddin mengatakan, selama ini kaum difabel sangat sulit mengakses bantuan dari pemerintah. Olehnya, Gema Difabel membuat posko khusus untuk menampung dan menyalurkan bantuan bagi penyandang disabilitas. (*)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:

Terpopuler