Connect with us
alterntif text

Pendidikan

Obituari Abu Bakar Juddah; Akademisi yang Ramah, Periang dan Bijaksana

Published

on

Foto: Facebook Hariani Hila

PAREPARE — Dosen IAIN Parepare Dr. Abu Bakar Juddah dikabarkan meninggal dunia. Kabarnya ia menghembuskan nafas terakhirnya tepat pukul 07.30 WITA, Rabu (18/11/2020). Ia wafat di rumah duka BTN Griya Pondok Indah B No. 17 Kebun Sayur.

Kepergiannya dibanjiri iringan doa dari sejumlah tokoh. Tak sedikit yang mengenang mantan Wakil Rektor III IAIN Parepare itu. Ketua STAI DDI Ujung Late itu juga dikenal sebagai sosok periang.

Mantan Presma IAIN Parepare Nurham Sadiq mengatakan Abu Bakar Juddah merupakan sosok pejabat kampus yang hebat. Nurham menyebutkan Abu Bakar kerap memperjuangkan masalah mahasiswa di birokrasi kampus.

“Disini saya mengenang beliau sebagai guru, orang tua dan pejabat kampus yang hebat. Tak satupun masalah kemahasiswaan yang tidak diselesaikan,” kenangnya, Rabu (18/11/2020).

Nurham mengatakan dirinya saat menjabat Presma IAIN pernah bertolakbelakang dengan kebijakan beliau. Namun, kata dia, beliau tak sedikitpun menanamkan luka. Tidak dendam.

“Beliau hebat dalam memposisikan diri. Jadi orang tua untuk mahasiswanya namun tetap profesional dalam bidangnya,” tutur mantan aktivis PMII itu.

alterntif text

Alumni Pasca IAIN Parepare Suthrisna (Aci) mengaku bangga memiliki guru yang bijak seperti beliau. Ia mengungkapkan Ketua STAI DDI Parepare itu tak hanya profesional. Tetapi juga dikenal sosok periang.

“Selaku warga DDI khususnya, siapapun yang menjadi pengajar dalam lingkup pendidikan DDI, itu adalah ustaz dan bisa dianggap sebagai Gurutta’,” urai Aci -sapaanya-.

Ia juga dikenal dekat dengan kalangan mahasiswa. Buktinya, mahasiswa kerap mengunggah fotonya bersama dosennya itu semasa hidup. Salah satunya foto diatas, diunggah oleh akun Facebook Hariani Hila 2017 silam, membuktikan beliau sosok yang dikagumi mahasiswa.

Redaksi Tegas.id juga menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya Abu Bakar Juddah. Segenap jajaran redaksi Tegas.id mengajak pembaca mengirimkan alfatihah dan salawat, dengan niat pahalanya untuk almarhum.

Berikut biodata singkatnya;
Nama: Dr. Abu Bakar Juddah, M. Ag.
Tanggal Lahir: 5 Mei 1960
Jabatan: Dosen IAIN Parepare dan Ketua STAI DDI Ujung Lare. (*/rdi)

alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler