Connect with us
alterntif text

Uncategorized

Gagas Pemulihan Ekonomi, Pemkot Parepare Data UMKM Terdampak Covid-19

Published

on

PAREPARE — Pemkot Parepare menyiapkan program pemulihan ekonomi untuk UMKM terdampak pandemi Covid-19. Persiapan itu diawali dengan mendata pelaku usaha secara online.

Kabag Ekonomi Setdako Parepare Basuki Busrah mengatakan pendataan  dilakukan sebagai upaya memetakan masalah dan menyesuaikan sasaran pemulihan.

“Untuk pendataan online kita telah menyiapkan link yang bisa diakses langsung pelaku usaha. Kita rancang secara sederhana agar semua kalangan bisa mengakses dengan mudah baik melalui ponsel ataupun laptop,” jelasnya.

Basuki menguraikan, data yang dikumpulkan dalam pendataan ini, yakni mencantumkan data diri, data usaha, jenis usaha, modal usaha, omzet sebelumnya dan sesudah.

UMKM yang dimaksud kmeliputi pedagang di pasar, warung-warung, ritel rakyat, nelayan, bengkel dan jasa lainnya.

alterntif text

“Pendataan mulai pertengahan Juli ini dan akan berakhir jika secara tentatif target 13.000 sudah tercapai. Kita akan selalu update data terbaru,” ungkap Basuki.

Pendataan secara online itu bisa diakses melalui link https://bit.ly/DataUKMParepare. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi hotline 085255877112.

Diketahui data UMKM yang ada di Parepare dari tahun 2014 hingga 2019 13.000. Masing-masing dari Disdag dan Disnaker. Data tersebut telah dibagikan ke kelurahan sebagai data pembanding dan rujukan saat dilakukan pendataan di lapangan.

Terpisah, Wali Kota Parepare Taufan Pawe berharap, pendataan itu dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM agar pemerintah dapat memilih program yang tepat untuk para pelaku UMKM yang teddampak Covid-19.

“Ini adalah wujud kepedulian Pemerintah agar para pelaku UMKM kita yang terdampak Covid-19 dapat pulih di masa pandemi ini. Kita petakan apakah melalui pemberian bantuan, pendampingan, atau program lain yang sifatnya pemberdayaan,” tutupnya. (*)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler