Connect with us
alterntif text

Regional

Pemprov Sulsel Siap Fasilitasi Benih Padi untuk Petani Terdampak Banjir di Sidrap

Published

on

alterntif text

SIDRAP — Bupati Sidrap H Dollah Mando berkunjung ke lokasi Denfarm padi sehat di Desa Carawali Kecamatan Wattang Pulu, Selasa (21/7/2020).

Pantauan itu dilakukan bersama Sekertaris Dinas Pertanian Ibrahim, camat wattang pulu, kades carawali. Dollah melihat langsung hasil tanaman padi sehat yang dikelola oleh kelompok tani sipatuo deceng.

Hadir pula Kadis Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Prov. A Ardin Tjatjo, Kepala UPT Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Uvan Nurwahidah, Kepala IP3OPT Wilayah V Pinrang Rahman Runa, serta para penyuluh pertanian.

Dalam kunjungannya, A Ardin mengatakan siap memfasiltasi bantuan benih padi yang terkena dampak banjir di Sidrap. Selain itu, ia akan membantu pemasangan rumah sarang burung hantu di lokasi gerdal hingga pengembangan kerjasama pembenihan padi sehat dan kemitraan pemasarannya.

Tanaman padi sehat ini sekitar 5 hektar dan tidak menggunakan pupuk pestisida semuanya dari baham organik. Pihaknya juga mencoba menanam sayuran seperti sawi dan kangkung.

“Sebelumnya, kami juga sudah melakukan gerakan pengendalian (gerdal) hama tikus dengan beberapa kelompok tani. Kita lakukan secara bersama dan berkelanjutan, untuk mencegah tanaman padi tidak mengalami kerusakan akibat hama pengerat ini,”katanya.

Sementara itu Bupati Sidrap H Dollah sangat menyambut baik kegiatan pemberdayaan petani melalui Damfarm ini terbinanya semangat gotong-royong, kebersamaan diantara para petani.

“Kami tekankan agar kegiatan seperti ini terlaksana di beberapa lokasi, bukan hanya di desa carawali saja,” ujarnya.

Saya juga berharap agar pemerintah provinsi betul-betul memperhatikan kondisi petani di Sidrap. Apalagi tanaman padi sehat ini, butuh dicarikan pemasaran khusus.(adv)

alterntif text
alterntif text
alterntif text
alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler