Connect with us
alterntif text

Regional

Desa Mattirotasi Raih Pendapatan Pajak PBB Terbesar di Sidrap Bahkan Sulsel

Published

on

SIDRAP — Desa Mattirotasi di Kecamatan Wattang Pulu Kabupaten Sidrap, mencatatkan pendapatan pajak tertinggi di Kabupaten Sidrap.

Desa yang dikenal karena menjadi lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap tersebut, mencatatkan penerimaan dari setoran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang fantastis.

Sepanjang Januari hingga minggu kedua Bulan Oktober 2019, PBB yang diterima desa ini sudah mencapai hingga 1.019.204.293 atau sebesar Rp 1,01 miliar dengan jumlah 1.671 Surat Tanda Terima Setoran (STTS).

Angka ini membuat penerimaan PBB Mattirotasi sudah melebihi 100 persen dari target yang ditetapkan.

Angka ini juga jauh lebih besar dibandingkan dengan penerimaan PBB desa-desa lainnya di Sidrap yang berksiar Rp 20 juta hingga Rp 400 jutaan hingga sepanjang Januari-Oktober tahun 2019 ini.

Kepala Desa Mattirotasi, Drs Zainuddin Makkarennu mengungkapkan, salah satu pendongrak penerimaan PBB desa ini memang adalah investasi PLTB Sidrap.

Ada kurang lebih 100 hektare lahan yang dimanfaatkan pengelola PLTB Sidrap. Sehingga, nilai aset di lahan itu meningkat dan memicu penerimaan PBB yang tinggi.

“Dalam beberapa tahun terakhir, Desa Mattoritasi ini diminati investor. Mulai dari investasi pabrik beras, industri pakan ternak Japfa, hingga proyek PLTB Sidrap,” terang Zainuddin Makkarennu.

Investasi yang besar itu membuka lebih banyak lapangan kerja, dan memberi multiplier effect. Warga misalnya membuka usaha katering untuk pekerja, hingga usaha kerajinan dan oleh-oleh untuk menunjang aktivitas wisata ke kawasan kincir angin.

Zainuddin mengungkapkan, penerimaan yang besar mencapai Rp 1 miliar, membuat desa ini menjadi desa dengan penerimaan PBB terbesar di Sidrap. “Bahkan di Sulawesi Selatan,” jelas dia.

Selain investor, partisipasi masyarakat di Mattirotasi juga tinggi dalam membayar PBB, sehingga penerimaan PBB mencapai 100,02 % melebihi target. Peringkat 1 di Sidrap.(*)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler