Connect with us
alterntif text

Regional

Selamat! Festival Salo Karajae Parepare Tembus Event Nasional

Published

on

PAREPARE — Festival Salo Karajae kota Parepare berhasil masuk dalam 100 calendar of event (CoE) Kementerian Pariwisata RI. Hal itu diungkapkan Kepala dinas pemuda, olahraga dan pariwisata (Disporapar) Amarun Agung Hamka.

Katanya, prestasi itu tidak terlepas dari sosok Wali kota Parepare Taufan Pawe, yang terus memberi support gagasan untuk menyemarakkan event Salo karajae.

Hamka sapaan akrabnya saat ditemui di Rujab Wali kota, Rabu (16/10) juga menyampaikan bahwa terpilihnya festival tersebut sebagai event nasional itu karena nilai budayanya.

“Selain terkenal sebagai ikon sungai terbesar se-Sulsel, Festival Salo karajae juga menyajikan konten yang unik diantaranya Lomba tarik tambang perahu, lomba tangkap bebek, dan lomba balap katinting, budaya mallipa’, dan 500 peserta tari jeppeng,” terang dia.

Sementara itu, Wali kota Taufan Pawe memuji Disporapar yang berhasil mengharumkan nama baik Parepare pada kanca nasional melalui festival Salo Karajae.

“Alhamdulillah, festival Salo Karajae sudah masuk di kalender nasional kepariwisataan RI,” ujarnya saat jumpa pers di Rujab Wali Kota.

Lebih lanjut, Taufan berharap dengan prestasi itu kunjungan wisatawan ke Parepare akan terus meningkat.

“Saya berharap dengan masuknya festival Salo Karajae di kalender nasional juga sebagai tujuan wisata Sulsel, hal itu bisa bersinergi dengan target pak Jokowi yaitu 22 juta wisatawan mancanegara,” terang dia.

Sekadar diketahui, ditetapkannya Festival Salo Karajae ini di CoE merupakan kali pertama yang menyalip event beautiful Malino di kabupaten Gowa yang sebelumnya menjadi event nasional.

Festival Salo Karajae akan rutin digelar setiap tahunnya pada tanggal 27 September. Selain Salo Karajae, Toraja Internasional Festival dan Festival Phinisi di Bulukumba yang ditetapkan di wilayah regional III, Provinsi Sulsel.(rdi)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler