Connect with us
alterntif text

Regional

Hebat! Santri Cilik asal Enrekang Juara MHQ Tingkat Asean

Published

on

ENREKANG — Santri asal Kabupaten Enrekang, Ahyan Mustafid Taufiq berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Bocah 11 tahun ini sukses menjuarai Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) ke-5 tingkat Asean.

MHQ tingkat Asean ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darunnajah di Ulujami, Jakarta, 4-7 Oktober 2019. Event prestisius ini diikuti 11 negara.

Orangtua Ahyan, Ahmad Taufiq yang dihubungi dari Jakarta membenarkan putranya berhasil menjadi juara. Ia membeberkan perjuangan yang mesti ditempuh Ahyan hingga berhasil menjadi yang terbaik.

“Awalnya ikut lomba di Bone, kemudian terpilih mewakili Sulawesi. Alhamdulillah Ahyan berhasil keluar sebagai juara nasional. Setelah itu ikut MHQ ini kategori 5 juz dan berhasil juara dari 11 negara,” jelas Ahmad Taufiq.

Ahyan memang digembleng menghafal Alquran di Pondok Tahfiz Nurul Qur’an Bangkala, Kecamatan Maiwa Enrekang, dibawah asuhan Ustaz Muhammad Ilham.

Orangtua dan guru-gurunya berharap prestasi Ahyan tidak berhenti sampai disitu. Ahyan kini dipersiapkan menghafal 30 juz. Sembari terus mengasah kemampuan lewat lomba.

Ahmad Taufiq juga mengaku bersyukur, selama ini Ahyan mendapat perhatian besar dari pemerintah dan Baznas Enrekang. Kedepan ia berharap pemerintah makin meningkatkan perhatian terhadap pengembangan keislaman di Bumi Massenrempulu. Misalnya dengan menyediakan beasiswa bagi santri berprestasi seperti Ahsan.

Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah, KH Sofwan Manaf, dalam siaran pers yang diterima Inews memaparkan MHQ itu sudah menjadi ajang tahunan di Darunnajah dan saat ini merupakan edisi kelima sejak 2015. Sementara, MHQ untuk tingkat Asia Tenggara baru dua kali digelar, dengan sebelumnya diselenggarakan secara nasional dalam kurun 2015-2017.

MHQ tahun ini diikuti oleh tuan rumah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Myanmar, Kamboja, Vietnam, Brunei Darussalam, Sri Lanka, dan Timor Leste.

“MHQ bertujuan untuk melahirkan para penghafal, menumbuhkan dan memacu semangat menghafal dan mempelajari Quran, memeratakan kegiatan hafalan di seluruh wilayah Indonesia, menyemarakkan dakwah Islamiyah,” tuturnya, dilansir Inews.id.

Kegiatan MHQ tersebut adalah kerja sama antara Pondok Pesantren Darunnajah, Qatar Charity Indonesia, dan Kementerian Agama (Kemenag) RI. (***)

Nama : Ahmad Mustahid
Tanggal Lahir : 23 September 2008
Sekolah : SDN 151 Kadeppe, Kecamatan Maiwa
Kelas : V (Lima)
Orangtua :
Ayah : Ir Ahmad Taufiq
Ibu : Rusmiati, S.Pd.
Utusan : Pondok Tahfiz Nurul Qur’an Bangkala Maiwa

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler