Connect with us
alterntif text

Opini

Opini: Gerakan Al-Husain; Penyucian Moral dan Keadilan

Published

on

Ilustrasi (gambar: ahlulbaitindonesia.or.id)

Penulis : AM Safwan (RausyanFikr Institute)

Al Husain menyatakan bahwa keburukan utama di dunia Islam salah satunya ketika seorang pemimpin tidak menegakkan keadilan. Muthahhari menyatakan bahwa Al Husain memperoleh nilai sejati sebagai manusia dengan mengajak kepada kebaikan dan mencegah dari keburukan (amar ma’ruf nahyi munkar). Al Husain berdiri di atas masalah dasar dan prinsip baik dan buruk. Inilah inti teori keadilan.

Amar ma’ruf nahyi munkar merupakan nilai tertinggi dari pencapaian pengetahuan manusia. Di sinilah letak hubungan pengetahuan dan KEADILAN karena berkaitan dengan persoalan eksistensi kebaikan dan keburukan dalam diri manusia..

Al Husain memisahkan yang baik dan buruk dalam gerakan sosialnya dalam melawan para penindas. Untuk hal ini, Al Husain mempersembahkan segala miliknya (harta dan jiwa serta keluarganya) dengan penuh keyakinan untuk tujuan tersebut.

Dari Karbala kita belajar bahwa eksistensi keburukan akan selalu terancam oleh eksistensi kebaikan. Kebaikan tidak pernah terancam oleh keburukan. Al Husain tidak pernah mengancam siapapun, Al Husain hanya berkata, saya dan orang-orang seperti saya tidak akan pernah tunduk terhadap kezaliman. Orang baik tidak pernah khawatir dengan keburukan, sedang orang buruk senantiasa akan khawatir dengan kebaikan. Keburukan setara dengan hawa nafsu dan kebaikan akan senantiasa membuat hawa nafsu.terancam.

HIKMAH:
Yang paling bermakna dan tiada taranya bagi orang yang mencapai nilai hakiki pengetahuan adalah gerakan memisahkan yang baik dan yang buruk. Berjuang untuk keadilan yang dimulai dari dirinya. Dengan demikian berbuat adil adalah cara pensucian moral yang terbaik dalam melawan ketidakadilan sosial seorang pemimpin. (*)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler