Connect with us
alterntif text

Uncategorized

Wamen ESDM Arcandra Tahar dan Wabup Sidrap Tinjau PLTB

Published

on

alterntif text

SIDRAP — Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar meninjau operasional dan fasilitas PLTB Sidrap yang terletak di Kecamatan Watangpulu Kabupaten Sidrap, Jumat (30/80/2019).

Arcandra mendatangi langsung kincir angin atau Wind Turbin Generator (WTG) 24, WTG 8 dan sub-station PLTB. Ia juga memantau ruang kontrol turbin yang ada di dalam tiang kincir.

Dalam peninjauan, Arcandra didampingi Wakil Bupati Sidrap, H Mahmud Yusuf, Dandim 1420, Letkol J P Situmorang, Wakapolres, Kompol H Baso, Sekretaris PN Sidrap, Kamil, Sekkab Sudirman Bungi, Anggota DPRD, Sudarmin Baba, Kasi Intel Kejari, M Ikbal Ilyas dan Kakan Kemenag, H Irman.

Ia juga banyak menanyakan seputar fasilitas PLTB kepada Direktur PT UPC Renewables Indonesia, Dacre Wyn Purchase, Direktur PT UPC Sidrap Bayu Energi, Aaron Pritchard dan Direktur PT UPC Sidrap Bayu Energi Tahap Dua, Bob Eastwood.

Usai peninjauan, Arcandra menilai PLTB Sidrap telah berjalan dengan baik dari sisi eksekusi proyek. “Quality of work, material tower dari Krakatau Steel dan pembangkitnya sangat baik,” komentar Arcandra.

Arcandra mengingatkan, dalam ekspansi tahap kedua agar kualitas tetap dijaga dan terpenting manfaat dari proyek itu.

“Ini serius. Yang pertama proyek tersebut harus bisa memberikan manfaat untuk masyarakat lokal. Apa gunanya kita membangun tapi masyarakat tidak bisa menikmati,” lontar Arcandra.

Kementerian ESDM, sambungnya, selalu menekankan hal tersebut dalam setiap investment masuk. Baik di sektor kelistrikan PLN, juga di gas alam dan tambang yang menjadi tupoksi ESDM.

“Yang kedua yang perlu Kita perhatikan stakeholder dalam hal ini pemerintah daerah. Bagaimana Kita membangun energi berkeadilan, adil buat masyarakat sekitar juga adil buat investor, harus dua-duanya, must be a win win solution,” pesan Arcandra.

Sementara Wabup Sidrap, Mahmud Yusuf dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kunjungan Wamen ESDM dan rombongan. “Banyak hal dan informasi positif dari Bapak dan rombongan terkait pengembangan PLTB ini ke depan,” kata Mahmud.

Mahmud juga mengutarakan, PLTB Tahap I telah memberi efek positif bagai masyarakat Sidrap dan melalui penyerapan tenaga kerja,

“Selain itu PLTB menjadi potensi wisata, Insya Allah kalau fase kedua sudah selesai Kami akan memberi ruang untuk pengembangan wisata di daerah ini,” sebut Mahmud.

Sebagai informasi turut dalam rombongan Wamen ESDM, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), FX Sutijastoto, Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan, Jisman Hutajulu dan Direktur Bisnis Regional Sulawesi merangkap Regional Kalimantan PT PLN Persero, Syamsul Huda.

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler