Connect with us
alterntif text

Regional

SMP Islam Athirah 1 Makassar Sembelih 5 Sapi Qurban, Sekaligus Belajar Biologi dan PAI

Published

on

alterntif text

MAKASSAR — Nuansa Idul Adha 1440 H terasa pada pelbagai lapisan masyarakat. Termasuk di kalangan siswa, orangtua siswa dan guru SMP Islam Athirah 1 Makassar.

Pada hari kedua Idul Adha, tepatnya 14 Agustus/13 Dzulhijjah, SMP ini menyembelih 5 ekor sapi kurban.

Kepala SMP Islam Athirah 1 Makassar, Nilamartini menjelaskan, Idul Adha di sekolah tersebut mengakat tema ‘Sembelih’. Sembelih akronim dari ‘Semangat Berqurban Melatih Keikhlasan’.

“Setiap guru dan siswa bahkan orang tua wali murid diberikan kesempatan untuk ikut memberikan sumbangan dalam event kali ini, baik itu secara berkelompok maupun perorangan. Yang pada akhirnya berhasil terkumpul 5 jumlah sapi, yang akan nanti dibagikan kepada yang berhak,” jelas Nilamartini.

Namun sebelum siswa diperbolehkan untuk menyaksikan prosesi kurban nantinya, mereka terlebih dahulu diberikan beberapa wejangan tentang fiqih kurban. Menurut Nilamartini, hal ini bertujuan menambah wawasan mereka seputar qurban.

“Anak-anak perlu mendapatkan pencerahan tentang berkurban agar bisa menjadi pembelajaran bagi mereka tentang teknis maupun makna berqurban,” ujarnya.

Barulah setelah itu, para siswa akan menyaksikan bagaimana proses penyembelihan hewan qurban, maupun cara pemotongan dan pembagiannya. Bertempat di basement sekolah, para siswa pun berkumpul menyaksikan bagaimana metode penyembelihannya. Meski pada akhirnya, ada beberapa siswa yang kaget dan tidak sanggup untuk melihatnya karena masih belum terbiasa. Tidak heran karena biasanya mereka hanya langsung menyantap hasil akhirnya saja tanpa pernah mengetahui dan menyaksikan proses di belakang layar tersebut.

Tidak lupa, kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk memberikan pemahaman langsung kepada siswa dalam anatomi hewan pada mata pelajaran IPA, khususnya biologi.

Mereka diberikan beberapa lembar kerja siswa, yang nantinya akan digunakan untuk mencatat setiap hal yang mereka telah saksikan sebelumnya. Misalnya saja, dalam menentukan ukuran tanduk dan penentuan jenis kelamin hewan qurban.

Begitupun dengan mata pelajaran PAI, yang sejatinya memiliki hubungan erat dalam berqurban. Baik dalam menjelaskan pengertian, makna dan tata caranya.

Acara itu pun ditutup dengan pembagian daging hewan qurban kepada beberapa orang yang berada di sekitar Sekolah Islam Athirah. Baik itu kepada guru, maupun kepada fakir miskin yang sering terlihat di sekitar ruang lingkup sekolah. Pembagian ini tentu melibatkan beberapa siswa untuk menumbuhkan rasa berbagi di dalam diri mereka. Seperti yang diutarakan Ibu kepala sekolah.

“Semoga dengan acara kali ini, siswa bisa menumbuhkan jiwa kepedulian terhadap sesama, di mana hal ini juga merupakan bagian dari jaminan mutu SMP Athirah,” tutupnya. (rls/ris)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler