Connect with us
alterntif text

Regional

Pemkab Sidrap Sebar 150 Ribu Benih Ikan di 4 Lokasi

Published

on

SIDRAP — Sekitar 150 ribu benih ikan disebar di 4 lokasi di Kabupaten Sidrap, Rabu (19/6/2019). Empat lokasi tersebut yaitu Desa Mojong Kecamatan Watang Sidenreng, Desa Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe, Kelurahan Wettee Kecamatan Panca Lautang dan serta Desa Maddenra Kecamatan Kulo.

Di Desa Mojong, penebaran atau restocking dilakukan di area Danau Sidenreng. Penebaran dipimpin langsung Bupati Sidrap, H Dollah Mando bersama Kapolres Sidrap, AKBP Budi Wahyono.

Tampak mendampingi, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Sidrap, H Azis Damis, para penyuluh perikanan Sidrap yang berjumlah 8 orang, serta unsur muspika setempat.

Sebanyak 50 ribu benih ikan disebar, dengan rincian 15 ribu ikan mas, 15 ribu ikan nila dan 20ribu ikan tawes.

“Kegiatan ini diharapkan dapat
menjaga sumber daya dan ketersediaan stok ikan ke depan. Insya Allah masyarakat dapat mengambil manfaatnya,” ujar Dollah Mando.

Di Desa Teteaji Kecamatan Tellu Limpoe, yang juga wilayah Danau Sidenreng, penaburan dilakukan oleh Sekretaris Kabupaten Sidrap, Sudirman Bungi bersama Kapolres AKBP Budi Wahyono. Benih yang disebar adalah 15 ribu ikan mas, 15 ribu ikan nila dan 15 ribu ikan tawes.

Usai di Teteaji, kegiatan dilanjutkan di Kelurahan Wette Kecamatan Panca Lautang. Di lokasi yang masuk area Danau Tempe itu disebar total 45 ribu benih ikan, dengan perincian yang sama dengan di Teteaji.

Didampingi Camat Panca Lautang, Usman Demma, Sudirman Bungi dan AKBP Budi Wahyono juga memanfaatkan restocking untuk memantau pemukiman warga yang masih direndam banjir.

Sementara itu, Kepala DPKPP Sidrap, Azis Damis menjelaskan penebaran benih ikan merupakan program tahunan Pemerintah Kabupaten Sidrap.

“Ini dilakukan untuk menjaga ekosistem danau. Sekaligus meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat, katanya.

Lokasi terakhir penebaran benih ikan hari itu adalah di Teppo Tellangnge, Desa Maddenra Kecamatan Kulo. Sekitar 10 ribu benih ikan jenis mas dan nila disebar di tempat itu.

Untuk diketahui, dua hari sebelumnya, atau Senin (17/6/2019), Bupati Sidrap H Dollah Mando telah menebar sekitar 45 ribu benih ikan di Sungai Lagading Kecamatan Pitu Riase. Rincian benih yang disebar yaitu 15 ribu ikan mas, 10 ribu ikan tawes dan 20 ribu ikan nila.(*)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler