Connect with us
alterntif text

Regional

Penjelasan dan Imbauan Dinas Kesehatan, Terkait RS Arifin Nu’mang Tidak Layani Pasien BPJS

Published

on

Ilustrasi dokter (gambar: mediakonsumen.com)
alterntif text

SIDRAP — Rumah Sakit Arifin Nu’mang di Rappang Sidrap untuk sementara tidak dapat melayani pasien BPJS Kesehatan. Hal itu tertuang dalam surat pemberitahuan yang disampaikan BLUD RS Arifin Nu’mang, yang diteken Dirut RS, dr. H. Budi Santoso, M.Si.

Disebutkan bahwa berdasarkan surat BPJS Kesehatan Cabang Parepare nomor 445/IX/-04/0519 tanggal 17 Mei 2019, mulai tanggal 30 Mei 2019 RSU Arifin Nu’mang tidak dapat melayani pasien BPJS Kesehatan kecuali berlaku umum atau pasien dalam kondisi gawat darurat.

Kadis Kesehatan Sidrap dr.H.Andi Irwansyah menjelaskan, hal tersebut dikarenakan RS Arifin Nu’mang akan berakhir waktu akreditasinya tanggal 29 Mei 2019. Sehingga setelah tanggal tersebut, RS Arifin Nu’mang untuk sementara tidak dapat melayani pasien BPJS Kesehatan.

Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 99 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan Menteri Kesehatan no 71 thn 2013 tentang pelayanan kesehatan pada jaminan kesehatan nasional mengamanatkan pada fasilitas kesehatan yang bekerja sama dgn BPJS kesehatan di tahun 2019 harus sudah memiliki sertifikat akreditasi.

Namun demikian, warga tidak perlu khawatir karena RS Arifin Nu’mang masih dapat melayani jika ada kondisi gawat darurat. Sementara untuk lainnya, untuk sementara bisa dirujuk ke RS Nene Mallomo.

“Saya sudah mengunjungi beberapa puskesmas termasuk kemarin di PKM Empagae, untuk membantu menyampaikan ke masyarakat perihal rujukan dari Puskesmas ke RS Arifin Nu’mang dari rentang waktu akhir Mei sampai awal Juli 2019, untuk sementara dirujuk ke RS Nene Mallomo,” jelasnya. (ris)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler