Connect with us
alterntif text

Nasional

Inilah Kandidat Ibu Kota Baru Indonesia, Yang Mana Pilihanmu?

Published

on

Pemindahan ibukota (gambar: Radar Cirebon)

JAKARTA — Presiden Joko Widodo mulai memberi bocoran tentang kandidat daerah yang akan menjadi ibu kota di Indonesia. Sesuai ucapannya, daerah yang disorot berada di luar Jawa, terutama Kalimatan dan Sulawesi.

Pada Senin, 6 Mei 2019, Kantor Staf Presiden (KSP) mengundang tiga gubernur dan satu pejabat Bappeda dari daerah yang potensial menjadi ibu kota. Mereka pun ramai-ramai memamerkan keunggulan daerah mereka, mulai dari luas lahan hingga lokasi strategis.

Pertama, Kalimantan Timur (Kaltim) sudah menyiapkan wilayah pesisir timur Kalimantan sebagai calon unggulan apabila dipilih sebagai ibu kota negara yang baru.

“Pilihan wilayah tersebut juga menegaskan Indonesia sebagai negara maritim,” papar Yusliando, pejabat Bappeda Kaltim yang mewakili gubernurnya.

Kaltim menyiapkan Balikpapan, Samarinda, Penajam Paser Utara, dan Kutai Kartanegara sebagai calon ibukota.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran juga mengusulkan tiga daerah di wilayahnya kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk dijadikan Ibu Kota baru.

Tiga daerah itu adalah, Kota Palangka Raya dengan luas area sekitar 66 ribu hektare, Kabupaten Katingan dengan luas area sekitar 120 ribu hektare, dan Kabupaten Gunung Mas dengan luas area sekitar 121 ribu hektare.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar mengatakan, provinsinya sudah menyiapkan lahan untuk pemindahan Ibu Kota ke luar Jakarta, yang tidak merusak ekosistem alam.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menginginkan agar lokasi ibu kota baru memiliki pemandangan indah, yakni dengan latar Pegunungan Meratus, sekaligus dapat melihat pantai di kejauhan.

“Kami membayangkan, seandainya ibu kota-nya ada di Kalsel, lokasinya nanti dilatarbelakangi oleh Pegunungan Meratus dan sekaligus dapat melihat pantai di kejauhan,” kata Sahbirin.

Sebelumnya, Tanah Bumbu sempat dikabarkan menjadi lokasi ibu kota baru. Daerah ini dianggap ideal karena memiliki kontur tanah yang ideal sebagai lokasi pemerintahan dan perkantoran.

Selain daerah-daerah diatas, kabupaten/kota lain di Sulsel juga sempat disebut sebagai kandidat ibukota, seperti Makassar, Parepare bahkan Kabupaten Sidrap. (*)

 

Artikel ini telah terbit di Liputan6 : https://www.liputan6.com/bisnis/read/3959518/ini-9-calon-ibu-kota-baru-mana-pilihan-kamu

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler