Connect with us
alterntif text

Regional

Saka Bakti Husada Parepare Berkunjung ke Green House Hidroponik RBCD

Published

on

PAREPARE — Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada Kota Parepare berkunjung ke Rumah Belajar Damai Cinta (RBCD), Minggu 14/04/2019 pagi.

Kunjungan pada Kegiatan Studi Wisata itu bertujuan untuk meneliti tumbuhan Hidroponik yang dikembangkan oleh Personil RBCD.

Pengelola RBCD, Muchlis Rahman mengajak puluhan peserta mengamati jenis-jenis sayuran yang ada di Green House RBCD.

Tumbuhan yang dikembangkan di Green House RBCD yaitu Selada Merah, Selada Hijau, Bayam Merah, Bayam Hijau, Sawi Pakcoy, Sawi Pagoda, dan Kangkung.

Muchlis menyampaikan apresiasi atas kunjungan dari Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada ke RBCD dan berharap kembali berkunjung untuk mengamati tumbuhan Hidroponik.

“Hidroponik merupakan budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman,”jelasnya.

Setelah mengamati tumbuhan Hidroponik, Peserta lanjut Sharing Session teori pengembangan tumbuhan Hidroponik yang dipresentasikan oleh Pengelola RBCD.

Dalam paparannya, Ia juga menjelaskan keuntungan mengelola tumbuhan dengan metode hidroponik.

“Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah, lebih bersih dan steril, serta bebas pestisida,”jelas Muchlis.

Muchlis yang juga merupakan Wasekbid Sosbud KNPI Parepare berharap hidroponik akan dikembangkan di tiap rumah.

” Jika tiap rumah warga membudidayakan Hidroponik secara tidak langsung kita sudah membantu pemerintah untuk memenuhi 30% Ruang Terbuka Hijau dari luas suatu daerah sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang,”urainya.

Ditemui setelah kegiatan, Muslimin selaku Koordinator Studi Wisata itu mengapresiasi atas kesediaan pihak RBCD untuk memperkenalkan budidaya Tumbuhan hidroponik.

“Saya mengharapkan pula Kedepannya RBCD semakin berkembang dengan inovasi-inovasi yang terbaru sehingga tidak hanya kalangan mahasiswa atau siswa melainkan masyarakat pada umumnya,”harapnya.

Anggota Pramuka Saka Bakti Husada yang terdiri dari beberapa perwakilan dari sekolah di Kota Parepare itu juga menyempatkan untuk membaca buku di Perpustakaan RBCD.(*)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler