Connect with us
alterntif text

Regional

Wagub Sulsel Harap IGI Fokus Lahirkan Guru Profesional

Published

on

MAKASSAR — Wakil Gubernur Sulsel H. Andi Sudirman Sulaiman ST berharap agar Ikatan Guru Indonesia (IGI) lebih fokus pada peningkatan profesionalisme guru. Peran guru dalam memajukan bangsa tak terbantahkan lagi sehingga jika lahir guru profesionl tentu negara kita cepat maju.

Hal itu diungkapkan dalam seminar nasional yang digelar IGI Sulsel dengan tema Science, Tecnology, Engenering, Art and Math (STEAM) Kurikulum Baru Permendikbur nomor 35,36,37 tahun 2018 yang dirangkaikan dengan lounching kanal pelatihan Serum SRA Semua Guru Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel (23-24/3/2019).

Menurutnya guru diharap dalam melakukan suatu proses belajar-mengajar ada 2 proses transfer yaitu, transfer knowledge dan transfer of value. Transfer knowledge adalah mentransfer ilmu pengetahuan dan pemahaman, sedangkan transfer of value adalah mentransfer nilai-nilai moral dan kebaikan.

“Transfer nilai ini yang perlu diutamakan, karena perkataan guru harus disesuaikan dengan tindakan sehingga menjadi sosok yang ditiru dan digugu” jelas Sudirman.

Selain itu, Wagub juga memberikan arahan dihadapan ratusan peserta seminar dengan memberikan contoh dan berbagai kisah agar guru menjadi tauladan dan ikhlas dalam bekerja.

Pemateri dalam seminar ini selain Andi Sudirman Sulaiman, dengan judul“Revolusi Pendidikan 4.0” juga Chatarina Muliana Girsang, Staf Ahli Bidang Regulasi Pendidikan & Kebudayaan Kemdikbud RI dengan materi
“Kurikulum Baru Permendikbud 35, 36, 37 Tahun 2018, H. M. Ramdhan Pomanto, Walikota Makassar diwakili Kadis Pendidikan kota Makassar judul materi “Muatan Lokal dalam Perspectif STEAM”,
Pemateri dari Pusat lainya yaitu Elvi Hendrani, Asisten Deputi IV Kementerian PPPA RI, materinya Peserta Didik dalam Society 5.0, H. A. Umar, Direktur Kurikulum, SKK, Kementerian Agama Republik Indonesia, judulnya Kurikulum Baru, Bebani Peserta Didik, Gogot Suharwoto, Kepala PUSTEKKOM Kemdibud RI, Revolusi Pendidikan 4.0 dan Society 5.0, M. Ramli Rahim, Ketua Umum IGI, Kurikulum, bebani Guru ? dan H. Irman Yasin Limpo, Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan,“Kurikulum Pendidikan Berbasis TIK”.

Dalam kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pelantikan pengurus wilayah IGI Sulsel hasil resafel yang dinahkodai Abdul Wahid Nara, serta pelantikan pengurus IGI Gowa dan Takalar.

Selain itu juga penandatangan MoU sekolah ramah anak di dua kabupaten kota yaitu Makassar, Takalar dan sekolah dalam lingkungan Kemenag. (*)

BAGIKAN:
Advertisement
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler