Connect with us

Opini

Opini; Kuliah Jurnalistik Tak Perlu Takut Nganggur

Published

on

Penulis: Jusmiati (Mahasiswa Jurnalistik Semester 1 UIN Alauddin Makassar)

OPINI — Jurnalistik adalah jurusan yang cukup menjanjikan bagi para lulusannya. “Bagi saya sebagai alumni jurnalistik, jurnalistik itu jurusan yang bagus, tinggal kita saja yang mau berproses, salah satunya dengan mengenal teman dan senior”. Tutur Srahlin, salah satu alumni jurusan Jurnalistik UIN Alauddin Makassar yang sekarang bekerja sebagai editor di media Kabar.News(lokal Makassar) dan goal.com (Nasional/Internasional). “Peluang kerjanya juga sangat banyak, dan saya sendiri bekerja sejak semester 3, dan sebagai Jurnalis.” Lanjutnya.

Kuliah jurnalistik tidak hanya bisa menjadi jurnalis. Meskipun keutamaannya memang menjadi seorang jurnalis, baik di media cetak, online, radio, televisi, atau kanal-kanal lain.

Tapi, kuliah di jurnalistik juga memungkinkan lulusannya untuk bekerja di hal lain, misalnya menjadi penulis, fotografer, sutradara, social media analysis, humas, script, dan lain-lain.

Jurusan ini cocok untuk orang yang memiliki rasa ingin tahu yang besar, suka membaca dan mengikuti berita, suka mengutarakan pendapat, dan suka menulis. Di jurusan ini mahasiswa di tuntut untuk sedikit tahu tentang banyak hal. Kenapa? Karena seorang jurnalis tentu saja akan bertemu dengan narasumber yang berasal dari berbagai kalangan, sehingga pengetahuannya harus luas dan tidak hanya terfokus pada satu hal saja. Nah, di zaman sekarang sudah ada internet yang tentunya sangat memudahkan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Intinya ialah membaca.

Jadi, jurusan jurnalistik bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan yang sangat bagus. Namun, di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar sendiri, tidak jarang jurusan ini justru menjadi pilihan terakhir mahasiswa yang hendak mendaftar di perguruan tinggi ini. Salah satu alasannya ialah karena passing gradenya rendah.

Meskipun juga banyak yang memilih jurnalistik sebagai pilihan utama, dan memang berniat untuk menjadi seorang jurnalis. Maka dari itu, penting untuk memberikan informasi kepada kalangan pelajar maupun masyarakat umum selaku orang tua pelajar mengenai jurusan ini agar tidak dipandang remeh.(*)

alterntif text
BAGIKAN:
Advertisement
Loading...
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler