Connect with us

Regional

Banyak Kasus Kekerasan, Status Parepare sebagai Kota Layak Anak Dipertanyakan

Published

on

PAREPARE — Kota Parepare saat ini menyandang status sebagai Kota Layak Anak (KLA). Namun belakangan, status prestisius dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) itu tidak lebih dari sekadar slogan. Pasalnya, sejumlah kasus melibatkan anak terus terjadi di Parepare.

Belum tuntas heboh pembuangan bayi sebanyak dua kali dalam sebulan, berturut terjadi lagi aksi bullying dan kekerasan terhadap anak yang terjadi masing-masing di SD 3 Kota Parepare dan SMP Negeri 2 Kota Parepare.

Hal ini mendapat sorotan dari Indonesia Care (Incar) Kota Parepare. Aktivis Incare, Andi Ilham mengkritik lemahnya peran pihak terkait, termasuk pemerintah dalam kasus-kasus tersebut. “Pembuangan bayi dan kekerasan terhadap anak bukan hanya sekali ini terjadi. Sangat ironis di Kota Layak Anak. Bahkan kasus bullying dan kekerasan pada anak itu terjadi di sekolah unggulan,” kritiknya.

Semakin miris lantaran Parepare juga menyandang tugas sebagai Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak. “Kota layak anak, tetapi kesalamatan anak justru terancam. Ini merupakan ancaman serius bagi masyarakat,” urainya.

Juli lalu, Parepare mendapat penghargaan Kota Layak Anak. Selain itu Parepare juga menerima penghargaan kategori Pemenuhan Hak Sipil Anak kategori Pratama, dan Pembinaan Forum Anak Daerah Terbaik

Dilansir Tribun Timur (24/7), Pj Sekda Iwan Asaad yang hadir mewakili walikota menerima penghargaan itu menyebut, Penghargaan kota Layak Anak diberikan kepada daerah yang dinilai berhasil memberikan layanan perlindungan bagi perempuan dan anak.

* Keselamatan Anak Justru Terancam ?

Belum lama ini, terjadi aksi bullying menjurus kekerasan yang menimpa siswa kelas 1 di SD 3 Kota Parepare.

Tak lama berselang, kekerasan terhadap anak juga terjadi di SMP 2 Parepare. Bahkan, siswa tersebut harus mendapat perawatan selama 5 hari. Pelakunya diduga oknum guru disekolah unggulan tersebut.

Sebelumnya pada 12 Oktober lalu, warga perumahan Yasmin Garden, Jl Kelapa Gading Kota Parepare digegerkan dengan penemuan seorang bayi. Kejadian serupa terjadi beberapa waktu sebelumnya. Bayi laki-laki juga ditemukan di Jl Keterampilan, kawasan Geddongnge, Cappa Galung Kota Parepare. (*)

alterntif text
BAGIKAN:

Terpopuler