Connect with us

Hukum & Kriminal

Rekonstruksi Penembakan ke Gedung DPR RI, 25 Adegan Diperagakan

Published

on

Ilustrasi penembakan (gambar: Okezone.com)

JAKARTA – Rekonstruksi ulang insiden penembakan gedung DPR RI, dilakukan di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (19/10/2018).

Setyo Wasisto, Kadiv Humas Polri, mengatakan, rekonstruksi dilakukan mulai pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB.

“Rekonstruksi merupakan satu proses dalam penyidikan dalam rangka pendukung membuat perangkaian satu pekara”, tambah Kadiv Humas Polri.

Ada 25 adegan mulai dari yang bersangkutan datang melakukan kegiatan di lapangan tembak. “semua sudah terangkum dalam rekonstruksi ini, ujar dia.

* Pengakuan Pelaku

Kedua pelaku, yakni IAW dan RMY, terus ‘digarap’ penyidik untuk mengetahui lebih jauh berkenaan peristiwa yang menghebohkan seantero gedung wakil rakyat itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono membeberkan, pelaku sendri menembakkan hampir 300 peluru di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Senin (15/10) lalu.

“Pas di lapangan tembak, pelaku kan membeli sembilan dus (peluru), tiap dusnya ada 50 butir. Dia sudah menembakkan 290-an (peluru) lebih,” papar Argo di Polda Metro Jaya, Kamis (18/10).

Pada penembakan pertama, pelaku melakukannya dengan tepat sasaran tanpa melenceng jauh dari target.

Akan tetapi, pelaku lantas gugup dan grogi pada akhir tembakan. Pasalnya, senjata api jenis Glock 17 itu telah dimodifikasi sedemikian rupa dan ditambahi dengan perangkat tambahan, yakni switch auto.

Dengan modifikasi tersebut, jelas Argo, peluru yang dimuntahkan senpi tesebut lebih banyak ketimbang mode normal.

Karena itu, pelaku yang mulai gugup pun akhirnya hilang kendali saat menembakkan kembali senpinya.

“Peluru yang ditembakkan tak terkontrol karena tersangka kaget tiba-tiba terjadi tembakan bertubi-tubi ke arah atas. Padahal hanya sekali menekan pelatuk,” sambung Argo. Untuk diketahui, sampai sejauh ini, ditemukan total lima lubang bekas penembakan DPR RI. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dan Riauaktual.com

http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/19/25-adegan-dilakukan-dalam-rekonstruksi-penembakan-ke-gedung-dpr-ri.

https://riauaktual.com/news/detail/53235/pelaku-penembakan-dpr-grogi-sekali-tembak-peluru-keluar-banyak-sampai-290-kali-benarkah.html

alterntif text
BAGIKAN:
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler