Connect with us

Nasional

Pendaftaran CPNS Resmi Dibuka, Ini Syarat Berkasnya

Published

on

Ilustrasi pendaftaran CPNS (gambar: Manadopostonline.com)

JAKARTA, TEGAS.ID — Pemerintah kembali membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018. Tahun ini pemerintah akan membuka sebanyak 238.015 formasi.

Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara atau Kementerian PANRB Ahmad Antonia mengatakan dalam pendaftaran CPNS pemerintah telah menyiapkan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh calon pelamar.

Untuk persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh setiap calon pelamar, kata dia, disesuaikan dengan ketentuan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Setiap warga negara Indonesia bisa melamar dengan syarat berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Selain itu, tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih, tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;

Syarat lainnya tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis, memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan, sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah. Pesyaratan lainnya adalah sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan.

Sementara itu, teknis pendaftaran dilakukan serentak secara daring atau online oleh Panitia Seleksi Nasional yang secara teknis dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Negara melalui portal pendaftaran daring/online di situs sscn.bkn.go.id. Calon pelamar juga hanya diperbolehkan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan.

Dokumen yang dibutuhkan masih menunggu konfirmasi lanjut dari pemerintah. Namun jika mengacu pada penerimaan CPNS 2017, berikut emmpat dokumen yang wajib ada.

Berikut rincian berkas yang harus disiapkan jika mengaku CPNS 2017:

Untuk tenaga profesional persyaratan atau dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:

1. Fotokopi KTP

2. Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir

3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.

4. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm sebanyak 4 lembar – latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:

1. Materai Rp 6.000

2. Fotokopi KTP

3. Fotokopi ijazah/STTB

4. Fotokopi ijazah SD

5. Fotokopi ijazah SLTP

6. Fotokopi ijazah SLTA.

Dalam rekrutmen ini pemerintah masih menggunakan moratorium atau menggunakan prinsip zero minus growth. Artinya, pemerintah tidak membuka lowongan baru untuk CPNS tetapi hanya mencari pengganti bagi pegawai yang telah pensiun atau mengundurkan diri.

Tetapi, prinsip tersebut dikecualikan untuk formasi guru mata pelajaran termasuk guru madrasah, dosen, tenaga kesehatan seperti perawat dan juga tenaga pembangunan teknik infrastruktur untuk daerah. Sebab keberadaan mereka masih sangat dibutuhkan untuk saat ini. (*)

 

Artikel ini telah terbit di

tempo.co : https://bisnis.tempo.co/read/1124545/ini-syarat-pendaftaran-cpns-2018-siapkan-berkasnya 

tribunnews.com : http://jogja.tribunnews.com/2018/09/10/cara-mendaftar-cpns-2018-siapkan-berkas-berkas-ini-lalu-daftar-klik-sscnbkngoid?page=3

alterntif text
BAGIKAN:

Terpopuler