Connect with us
alterntif text

Sports

Opini; Menjadi Manusia Bermanfaat Dimulai dari Kampus

Published

on

Penulis: Hamka (Mahasiswa STAI DDI Sidrap)

Teringat ketika selesei sekolah kita sebagai calon Mahasiswa baru hendak berpikir kampus manakah yang hendak kita ingin masuki, ribuan merek perguruan tinggi menghantui pikiran kita untuk mencari kampus manakah yang cocok dengan kita, kita seorang yang hendak ingin memasuki dunia kampus terkadang mencari kampus berdasarkan ajakan teman, keinginan orang tua, atau berdasarkan potensi kita.

Sebagai calon mahasiswa baru kita sering bertanya-tanya bagaimanakah dunia kampus itu ???. Saya yang duluan mengenyam dunia kampus akan sedikit menceritakan bagaimana pandangan saya terhadap dunia kampus itu, sebagai mahasiswa terkadang kita berpikir bahwa kita kuliah hanya untuk mendapat kerja, saya katakan cara berpikir seperti itu keliru, karena tanpa kuliah pun orang bisa bekerja, mendingan kita selesei sekolah langsung cari tempat lowongan kerja tidak usah buang banyak waktu dan tenaga untuk kuliah yang hanya merugikan kita sendiri.

Dunia kampus tempat bagaimana kita mengasah pola pikir kita, membuka cakrawala berpikir kita sehingga kita bisa menjadi manusia yang benar-benar manusia, dunia kampus tempat berperoses untuk menjadi seorang yang cendikiawan yang mampu membangun bangsa kita lebih baik ke depan. Sayang seribu sayang sistem yang ada di dunia kampus sekarang bagaimana mensage berpikir kita menjadi di desaign sedemikuan rupa sehingga kita cenderung menjadi seorang pekerja, makanya jangan salahkan kalau sebagian mahasiswa ketika sarjana mereka mencari lowongan kerja, bukan untuk berpikir bagaimana menciptakan lapangan kerja, sehingga generasi muda indonesia menjadi antek-antek pekerja bangsa asing yang mengakibatkan kita kalah saing dengan mereka.

Inilah yang membuat saya resah terhadap dunia kampus yang ada dan menjadi semangat gerak saya untuk mencegah hal itu terjadi kepada generasiku yang akan datang. Ayoo kawan bebaskan dirimu dengan pikiran yang membuatmu cenderung menjadi manusia pekerja, mari menjadi manusia yang produktif menjadikan diri sebagai insan kamil.

Tentunya tidaklah semudah membalikkan telapak tangan kita, anda sebagai generasiku yang mampu mewujudkan cita-citaku, anda pasti membutuhkan sebuah media untuk mengasah kemampuan anda untuk menjadi manusia yang produktif dan berguna bagi bangsa dan negara bukan pelengkap yang hanya mampu merugikan negara kita, di mulai dengan mengubah cara berpikir kita. Organisasi adalah lembaga pendidikan yang akan membina anda untuk menjadi manusia yang produktif baik dalam berpikir maupun bertindak, jangan takut kuliah anda terbengkala hanya karena berorganisasi, bukan seberapa cepat anda lulus, melainkan bagaimana proses anda di dunia kampus. Karena pada hakikinya sesuatu yang indah berasal dari erosesnya. Carilah organisasi yang ada di kampus kalian, yang memang benar-benar memperoses kalian menjadi manusia yang bermanfaat.

Saya tunggu kalian di dunia kampus buatlah sejarah dalam catatan dalam hidup kalian bahwa kitalah generasi yang diimpikan Soekarno untuk mengguncangkan dunia. Sehingga kita bukan sampah di bumi pertiwi kita sendiri. Permohonan maaf penulis ucapkan apabila tulisan ini terdapat kesalahan dalam penulisannya, karena penulis sadar bahwa tulisan ini jauh dari kesempurnaan, penulis hanya ingin mengekspresikan buah pikirannya lewat tulisan ini, terimah kasih kepada para pembaca atas waktunya untuk membaca tulisan ini sampai selesei. Salam Mahasiswa dan Salam Perjuangan. (*)

BAGIKAN:
Advertisement
Loading...
alterntif text
alterntif text
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler