Connect with us

Sports

Lawan Palestina, Timnas Indonesia Terapkan Formasi ala Barcelona

Published

on

Ilustrasi formasi sepakbola (gambar: Indosport)

BEKASI, TEGAS.ID — Pelatih Timnas Indonesia U-23 Luis Milla berpeluang mencoba strategi berbeda saat menghadapi Palestina dalam lanjutan Grup A Asian Games 2018 yang akan digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (15/8).

Selain merotasi beberapa pemain demi menjaga kebugaran, pelatih asal Spanyol itu ingin menjajal strategi false nine kontra Palestina.

“Ini turnamen yang sangat ketat dan waktu pemulihan kondisi sedikit. Jadi, seperti di pertandingan-pertandingan sebelumnya termasuk kala di SEA Games 2017, kemungkinan komposisi pemain akan diubah,” kata asisten pelatih Bima Sakti seperti dikutip Antara, Selasa (14/8).

“Ada kemungkinan menggunakan pemain dengan peran sebagai false nine,” sambungnya.

Artinya, Beto yang sebelumnya jadi tumpuan dilini depan, kemungkinan akan disimpan. Sebagai gantinya, tim pelatih akan menurunkan pemain bertipikal ‘false nine’ sebagai ujung tombak lawan Palestina.

False nine sendiri bukan sebatas posisi bermain melainkan sebuah peran. ‘Striker palsu’ seolah-olah bermain sebagai ujung tombak, namun ia bisa bergerak lebih leluasa ke belakang ataupun ke sisi sayap untuk membuka celah kepada pemain lainnya.

Dengan komposisi yang ada, Ilham Udin Armaiyn, Septian David Maulana serta Saddil Ramdani bisa jadi opsi untuk mengisi peran ‘striker palsu’ yang ingin diterapkan Milla. (*)

alterntif text
BAGIKAN:
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler