Connect with us

Politik

Rawan Kecurangan, KPU Bakal Evaluasi Penggunakan Suket

Published

on

Ilustrasi pencoblosan (foto: klik sangata)

MAKASSAR, TEGAS.ID — KPU bakal melakukan evaluasi penyelenggaran Pilkada serentak 2018, untuk menyongsong Pileg dan Pilpres 2019. Salah satunya terkait sejumlah gugatan di MK terkait penggunaan surat keterangan (suket) untuk mencoblos.

“Kita akan evaluasi soal penggunaan Suket,” jelas Humas KPU Sulsel, Asrar Marlan dilansir Rakyatsulsel.com.

KPU berharap agar pemerintah segera menyelesaikan perekaman e-KTP, sehingga warga tak perlu menggunakan suket saat pencoblosan.

Komisioner KPU Sulsel Bidang Data, Fatmawati menuturkan, penggunaan Suket sebagai pengganti e-KTP pada saat pencoblosan sebenarnya merupakan hal yang sah. Lantaran lambatnya penerbitan e-KPT asli dari Dukcapil.

Sebelumnya, Komisi II DPR-RI lewat Achmad Baidowi menegaskan tidak akan ada lagi suket pada Pemilu 2019 mendatang. Baidowi menjelaskan, syarat pemilihan menggunakan e-KTP optimistis bisa diselesaikan sebelum Pemilu 2019 digelar.

“Kita putuskan penggunaan suket ini berakhir Pilkada ini, Pemilu 2019 nggak ada lagi suket-suket itu,” ujar Achmad dilansir Republika.

Sementara itu, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, menegaskan penduduk yang sebentar lagi berusia 17 tahun, diimbau segera melakukan perekaman E-KTP.

Tujuannya agar ketika Pileg dan Pilpres 2019, mereka bisa ikut memilih. “Jadi 16 tahun sekarang, 17 tahun di April 2019, saat sudah 17 tahun, KTP-el bisa dberikan. Tapi rekam dulu,” kata Zudan kepada Tribunnews.com, Jumat 3/8.

Menurut Zudan, sekolah bisa meminta kepada Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat untuk melakukan perekaman massal kepada siswanya yang duduk di kelas 3 SMU. Apalagi, Suket dari Disdukcapil untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) tak lagi bisa digunakan untuk memilih. (*/ris)

alterntif text
BAGIKAN:
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler