Connect with us

Business

Segera Tukarkan Kartu ATM Lama Anda, Dengan Kartu Berlogo GPN

Published

on

Contoh kartu berlogo GPN (foto: Tribunnews.com)

JAKARTA, TEGAS.ID — Bank Indonesia (BI) meminta kepada masyarakat untuk mulai menggunakan kartu debit berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Kartu GPN sendiri adalah kartu debit yang memiliki logo berlambang garuda.

Untuk itu, BI dan perbankan akan menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan menyelenggarakan kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di sejumlah titik di wilayah Indonesia.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan masyarakat memiliki kesempatan untuk menukarkan kartu debit/ATM lamanya, dengan kartu debit berlogo GPN secara gratis.

“Melalui kegiatan ini, masyarakat memperoleh kesempatan untuk menukarkan kartu ATM/Debet bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN,” kata Mirza di Gedung BI beberapa waktu lalu.

Pekan penukaran kartu berlogo GPN merupakan tindak lanjut acara peluncuran bersama kartu berlogo GPN di Jakarta pada 3 Mei 2018 lalu.

Untuk menukarkannya, masyarakat bisa langsung datang ke kantor cabang perbankan yang digunakan dan meminta untuk mengganti kartu lama dengan kartu berlogo GPN.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng juga pernah mengatakan pihaknya menargetkan 100 bank yang memiliki izin untuk menggunakan kartu berlogo GPN. Dengan begitu, masyarakat dan perbankan sama-sama mendorong pemanfataan kartu GPN.

* Keuntungannya

Sedikitnya ada lima manfaat yang bisa diperoleh masyarakat dengan menggunakan kartu debit berlogo GPN. Pertama, kartu dapat digunakan untuk transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia. Kedua, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena telah dilengkapi fitur keamanan yang terstandarisasi. Ketiga, masyarakat tidak dikenakan biaya oleh toko dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR) atau penetapan tarif kepada pedagang oleh bank.

Keempat, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi. Kelima, biaya administasi lebih murah karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri sehingga lebih efisien.

Berdasarkan catatan CNNIndonesia.com, nasabah dapat menghemat biaya administrasi sekitar Rp1.000 per bulan dengan menggunakan kartu tersebut. Biaya transaksi kartu di mesin ATM/EDC antarbank juga turun dari sebelumnya 2-3 persen menjadi 1 persen.

Selain itu, seluruh kartu berlogo GPN juga telah menggunakan teknologi chip yang lebih aman dari kejahatan perbankan, seperti skimming. (*)

 

Sumber:
https://finance.detik.com/moneter/d-4142769/mau-dapat-kartu-berlogo-gpn-begini-caranya
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20180801103143-78-318573/keuntungan-tukar-kartu-atm-debit-logo-gpn

alterntif text
BAGIKAN:
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler