Connect with us

Ekonomi

Sinergi BUMN, Pelindo IV Jalin Kerjasama dengan IKI

Published

on

(Foto: Humas Pelindo IV)

MAKASSAR, TEGAS.ID — PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menjalin sinergi dengan PT Industri Kapal Indonesia (Persero) melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU tentang Rencana Kerja Sama Kemitraan untuk Perbaikan dan Pemeliharaan Kapal.

Nota Kesepahaman tersebut diteken langsung oleh Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung dengan Direktur Utama PT Indstri Kapal Indonesia (IKI), Edy Widarto di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pusat Pelindo IV Makassar, Jumat (20 Juli 2018).

Dirut Pelindo IV, Doso Agung mengatakan bahwa Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani dengan maksud untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan rencana kerja sama kemitraan untuk perbaikan dan pemeliharaan kapal antara Pelindo IV dan PT IKI.

“Selain itu, Nota Kesepahaman ini juga ditandatangani dengan tujuan untuk membangun kemitraan dan sinergi usaha mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki Pelindo IV dan IKI, serta mendorong peningkatan usaha-usaha dalam rangka rencana kerja sama kemitraan untuk perbaikan dan pemeliharaan kapal antar kedua pihak,” jelasnya, dalam rilis yang diterima.

Doso berharap agar setelah penandatanganan Nota Kesepahaman ini, Pelindo IV dan PT IKI segera membentuk tim karena kerja sama ini perlu pendalaman.

Saat ini Pelindo IV sedang membentuk konsorsium untuk kapal tunda, dengan tujuh perusahaan [nasional dan multi nasional], sehingga pangsa pasar IKI bisa lebih luas lagi. “Terus terang saat ini Pelindo IV lebih memilih menyewa kapal tunda daripada membeli karena bisa lebih hemat dari segi biaya dan SDM,” katanya.

Menurutnya, Pelindo IV mendapat tugas dari Pemerintah melalui SKK Migas, bahwa seluruh kapal tunda disediakan oleh [Pelindo IV]. Sehingga, pangsa pasar PT IKI akan lebih luas karena pasar Pelindo IV juga menjadi semakin luas lagi.

Direktur Utama PT IKI, Edy Widarto mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi kerja sama ini.
Pihaknya juga berharap, secepatnya Nota Kesepahaman yang sudah ditandatangani segera terwujud dalam bentuk kerja sama yang lebih konkrit. (*)

alterntif text
BAGIKAN:
Kolom Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler