alterntif text
Politik

Seluruh Bacaleg Dapil XI Digugurkan, NasDem Lapor ke Bawaslu

gambar: gosulsel.com

MAKASSAR, TEGAS.ID — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) NasDem Sulsel resmi mengajukan permohonan sengketa ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel, Jumat (10/08/2018), atas putusan KPU Sulsel yang menggugurkan seluruh bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Dapil XI Sulsel untuk maju di Pileg 2019.

“Sudah masuk tadi (permohonan) sebelum Jumat, yang dipersiapkan, kelengkapan berkas Pencalegan dari Musda Mulia, semuanya kita siapkan kembali. Saya kemungkinan hadir langsung. Cukup saya saja yang hadir. Inikan soal mediasi saja,” kata Juru Bicara DPW Nasdem Sulsel, M Rajab.

“Permohonan kami, yang jelas meminta agar membatalkan keputusan KPU Sulsel yang men-TMS kan Musda Mulia, dan memasukkan kembali Musda dalam daftar Bacaleg Nasdem Dapil XI,” sambung anggota DPRD Sulsel ini.

Pengajuan sengketa itu pun dibenarkan Staf Bagian Hukum Bawaslu Sulsel, Rahmat. “Iya tadi pagi permohonannya sudah masuk sekitar pukul 11.30, dan baru kami registrasi pukul 12.00. Semua syarat permohonan sudah lengkap, jadwal mediasinya hari Senin (13/8),” akunya.

Loading...

Sekertaris Bapilu DPW Nasdem Sulsel, Nurcholis menyebut jika tidak memenuhi syarat atau TMSnya satu bacaleg Nasdem tersebut, bukan merupakan kesalahan dari bakal calegnya, namun ini merupakan bentuk kelalaian dari verifikator KPU sendiri.

“Sebenarnya berkas bacalegnya ini ada dan telah dilengkapi. Terkait dengan dua dokumen dari pengadilan yakni surat tidak pernah terpidana dan surat tidak sedang dicabut hak pilihnya tersebut/ keseluruhan sudah dilengkapi oleh Musda Mulia,” ucap Nurcholis.

Nurcholis menambahkan “pada saat diasistensi oleh KPU Sulsel, verifikator tidak memperhatikan secara cermat bahwa surat yang diambil adalah keliru, dimana verifikator menyimpan surat tidak sedang dicabut hak pilihnya dan justru mengembalikan surat tidak pernah terpidana untuk disimpan oleh parpol,”.

Selain itu, pihaknya juga menyayangkan sikap KPU yang baru memberihtahukan permasalahan tersebut setelah menjelang pleno, padahal saat pemberian berita acara sebelumnya oleh KPU, berkas bacalegnya dinyatakan sudah memenuhi syarat. (*/ris)

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Loading...
To Top