alterntif text
Politik

Yenni Wahid: Nahdliyin Gembira jika Mahfud MD Cawapres Jokowi

Mahfud MD (foto: Suara Nasional)

JAKARTA, TEGAS.ID — Direktur The Wahid Institute Yenny Wahid mengatakan warga Nahdlatul Ulama akan menyambut baik jika mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, terpilih sebagai calon wakil presiden yang mendampingi Presiden Joko Widodo.

“Kalau memang Pak Mahfud dengan izin Allah dipercaya jadi pendamping Pak Jokowi, maka tentunya masyarakat NU akan sangat bergembira, tentunya akan sangat terima kasih,” kata Yenny di Tugu Kunskring, Jakarta, Rabu malam, 8 Agustus 2018, dilansir Tempo.co.

Putri mantan Ketua Umum PBNU Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu, masyarakat NU pasti akan mendukung seribu persen jika Jokowi memilih Mahfud MD sebagai cawapres. Pasalnya, kata Yenny, Mahfud merupakan kader NU tulen. Sehingga tidak perlu diragukan ke-NU-annya. Yenny juga menilai Mahfud adalah tokoh Islam lintas batas.

“Bisa menjalin komunikasi dengan kelompok Islam lainnya. Dengan Muhammadiyah, dengan Persis dan sebagainya. Jadi saya rasa sosok yang ideal. Jadi itu pandangan subyektif saya sebagai orang NU,” katanya.

Adapun pandangan Yenny secara obyektif, Mahfud MD dinilai memiliki kriteria yang patut dipuji. Mahfud, kata Yenny, memiliki rekam jejak yang bersih, memiliki pengalaman di legislatif, eksekutif, maupun yudikatif. Yenny pun menganggap segudang pengalaman itu dapat melengkapi cara Mahfud dalam melihat masalah. “Ini yang dibutuhkan negara kita,” kata dia.

Loading...

* PBNU Bantah Ada Ancaman

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj, mengklarifikasi beredarnya kabar ‘ancaman’ Jika Mahfud MD menjadi Cawapres Jokowi. Beberapa saat lalu, beredar berita PBNU memberikan ancaman jika Mahfud MD terpilih menjadi Cawapres Jokowi.

Lewat Press Release yang dikirim ke Tribunnews.com, Rabu (8/8/2018), Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menepis berita tersebut. “berita itu tidak benar, tidak ada ancam mengancam,” tegasnya.

“PBNU hanya mengusulkan empat kader NU terbaik kepada Pak Jokowi, jika Pak Jokowi tidak berkenan dengan usulan tersebut tidak nengapa, tidak apa apa, tidak masalah, itu haknya Pak Jokowi, itu wewenang beliau,” ujar Kiai Said.

Hal ini juga sekeligus menepis kabar bahwa PBNU menolak figur Mahfud MD.

Beberapa saat lalu memang ada pertemuan beberapa tokoh di Kantor PBNU untuk membahas dinamika politik jelang pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden.

Hadir di pertemuan tersebut beberapa pengurus Nahdlatul Ulama diantaranya KH Said Aqil Siradj, KH Ma’ruf Amin termasuk Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar. (*)

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Loading...
To Top