alterntif text
Nasional

PP IGI Apresiasi Kesepakatan DPR-Pemerintah Soal Penuntasan Kisruh Honorer K2

Ketua PP IGI Muhammad Ramli Rahim (foto: berita-sulsel.com)

JAKARTA, TEGAS.ID — Pengurus Pusat Ikatan Guru Indonesia (IGI) turut mengapresiasi kesepakatan DPR-RI dan Pemerintah terkait penuntasan kisruh nasib honorer K2. IGI menyebut, kesepakatan itu juga merupakan hasil perjuangan IGI yang terus disuarakan.

“PP IGI mengapreseasi kesepakatan ini dan akan ikut serta mengawal kesepakatan ini agar segera diwujudkan,” jelas Ketua IGI, Muhammad Ramli Rahim kepada Tegas.id.

Ramli mengurai, IGI selama ini bersuara di media massa terkait nasib honorer. IGI juga mendatangi langsung DPR RI serta mendorong seluruh pengurus IGI di seluruh Indonesia agar bergerak mendorong pemenuhan kebutuhan guru baik secara kuantitas maupun kualitas.

“IGI selama ini tak henti-henti bersuara tentang kekuarang guru dan posisi guru honorer yang menurut IGI dibanyak tempat tidak memperoleh pendapatan yang layak dan tidak dimanusiakan. Kesepakatan ini merupakan angin segar untuk honorer K2,” ujarnya.

Loading...

Sebelumnya, kisruh K2 yang belum lulus tes CPNS mulai menemui titik terang. DPR RI baru merampungkan rapat kerja gabungan dengan kementerian terkait, Senin 23 Juli 2018, yang menghasilkan lima poin penting.

Pertama, pemerintah dan DPR sepakat menuntaskan masalah K2 yang jumlahnya mencapai 438.590 orang, paling lambat Desember ini. Kedua, sesuai UU dan aturan terkait lainnya, ada 13.347 K2 yang segera ikut tes CPNS.

Ketiga, bagi sisa 425.243 Honorer K2 yang tidak bisa lagi mengikuti tes CPNS, DPR dan Pemerintah menyiapkan sejumlah opsi. Diantaranya pemerintah akan membuka tes PPPK (Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Bagi yang tidak lulus tetap diberi kesempatan kerja sesuai kebutuhan instansi dan bahkan diberi gaji sesuai UMR.

Keempat, DPR mendorong pemerintah memvalidasi data K2 secara teliti, dan yang terakhir DPR mendorong pemerintah memasukkan anggaran penuntasan K2 ini pada Nota Keuangan RAPBN 2019. (ris)

alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Loading...
To Top