alterntif text
Nasional

Ikut Paket C, Menteri Susi Akhirnya Lulus SMA

JAKARTA, TEGAS.ID — Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti akhirnya lulus pendidikan tingkat SMA. Peraih dua Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) baru saja mengikuti ujian kelulusan pada 11-13 Mei 2018.
Ijazah SMA Susi diberikan langsung di kediamannya kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018) hari ini. Susi tampak bahagia ketika mendapatkan ijazah tersebut. 
“Iya betul, Bu Susi udah lulus Paket C. Beliau ikut pelaksanaan ujian karena sistemnya UNBK, kami menyelenggarakannya di SMA N 1 Pangandaran. Dilaksanakan pada tanggal 11-13 Mei 2018,” kata Ketua Yayasan Bina Pandu Mandiri, Didi Ruswendi sebagaimana dikutip dari kumparan.com, Jumat (13/7/2018).
Ia menjelaskan, Susi memulai program Paket C pada Juli 2015. Ia mengikuti program dengan menggunakan modul.
“Beliau metode pelajarannya menggunakan modul. Karena kan jaraknya jauh tapi kadang kadang dari kaminya ke Jakarta untuk menempuh proses pembelajarannya,” ungkap dia.
Tim dari PKBM Bina Pandu Mandiri datang ke Jakarta sesuai dengan jadwal Susi Pudjiastuti. Saat belajar dengan guru dari PKBM Bina Pandu Mandiri, Susi selalu bersemangat.
“Kami ke Jakartanya berdasarkan jadwal kesibukan beliau. Kitanya yang menyesuaikan, karena nggak mungkin juga reguler dengan yang lain. Tapi yang pasti beliau dibekali dengan modul,” tutur dia.
Ia menambahkan, Susi tak pernah merinci alasannya mau ikut program Paket C. Namun yang pasti, Susi terlihat serius ketika pendaftaran.
Susi memulai program ini dengan duduk di kelas XI, “Beliau secara alasan yang jelas tidak memberi tahu. Tapi beliau telepon memang mau daftar dan beliau ini memang serius. Keseriusannya itu terlihat dari dia ngirim fotokopi ijazah SMPnya,” tutur dia.
“Kemudian beliau juga menyerahkan surat keterangan belum tamat dari SMA N 1 Yogyakarta. Karena kelas satunya beliau sudah naik kelas ke kelas dua dan ada rapornya. Jadi artinya beliau mengikuti tahapan-tahapan yang ada,” bebernya. (*)
alterntif text
Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Populer

Loading...
To Top